Tampang

Menyetel Alarm: Sejarah dan Psikologi di Balik Kebiasaan Bangun Pagi

18 Jun 2024 09:27 wib. 162
0 0
menyetel alarm pagi
Sumber foto: Pinterest

Kebiasaan Bangun Pagi

Kebiasaan bangun pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan produktivitas seseorang. Banyak penelitian membuktikan bahwa orang yang biasa bangun pagi cenderung lebih bersemangat, lebih produktif, dan memiliki kestabilan emosi yang lebih baik. Kebiasaan bangun pagi juga sering dikaitkan dengan gaya hidup sehat dan pola tidur yang teratur.

Namun, tidak semua orang memiliki kebiasaan bangun pagi yang baik. Banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan seseorang dalam mempertahankan kebiasaan bangun pagi, salah satunya adalah kualitas tidur yang didapat. Alarm bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang sulit bangun pagi, namun penggunaan alarm yang tidak bijak dapat memicu gangguan tidur dan kelelahan.

Psikologi di Balik Alarm

Penggunaan alarm sebenarnya dapat mempengaruhi pola tidur dan kualitas tidur seseorang. Terlalu sering terbangun dengan suara alarm yang keras dapat meningkatkan tingkat stress dan menimbulkan kecemasan, terutama jika seseorang sering terbangun secara mendadak dan dikejutkan. Selain itu, penggunaan alarm yang terlalu dini atau terlalu sering bisa mengganggu siklus tidur alami seseorang.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.