Tampang

Kenapa Minum Susu Pagi Kadang Bikin Perut Gak Nyaman? Ini Dia Efek Samping Mengkomsumsi Susu Saat Perut Kosong

12 Okt 2024 19:04 wib. 225
0 0
Efek Samping Susu
Sumber foto: google

Susu telah lama dianggap sebagai minuman yang sangat menyehatkan karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Kementerian Kesehatan telah melaporkan bahwa susu mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, vitamin A, dan vitamin D. Selain itu, susu juga mengandung vitamin B12, riboflavin, kalium, selenium, seng, kolin, dan magnesium. Namun, meski begitu, susu juga memiliki risiko efek samping, terutama jika dikonsumsi saat perut kosong.

Health Site melaporkan bahwa terdapat beberapa efek samping yang mungkin timbul akibat minum susu saat perut kosong. 

1. Menyebabkan kenaikan berat badan
Salah satu efek samping minum susu saat perut kosong adalah berpotensi mengakibatkan kenaikan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalori dalam susu, terutama jika dikonsumsi pada pagi hari. Kelebihan kalori dalam susu mungkin tidak akan digunakan dengan efektif saat susu menjadi bahan pertama yang diproses oleh tubuh, sehingga dapat menimbulkan meningkatnya asupan kalori secara keseluruhan. 

2. Mengganggu pencernaan
Meminum susu saat perut kosong juga dapat mengganggu sistem pencernaan. Susu berpotensi memicu terjadinya gejala kembung, perut kembung, dan diare karena kandungan laktosa yang tinggi, sehingga dapat menyulitkan pencernaan bagi beberapa orang. Oleh karena itu, perut sebaiknya diisi terlebih dahulu dengan makanan sebelum mengonsumsi susu agar pencernaan tetap terjaga.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.