Tampang

Alasan Rakyat Korea Selatan & Hong Kong Banyak yang Pindah Agama

24 Jun 2024 18:48 wib. 202
0 0
Alasan Rakyat Korea Selatan & Hong Kong Banyak yang Pindah Agama
Sumber foto: iStock

Pindah keyakinan atau agama merupakan hal yang sensitif bagi setiap orang. Terlepas itu, ada alasan tersendiri mengapa mereka meninggalkan kepercayaan lamanya.

Baru-baru ini, sebuah studi terbaru dari lembaga penelitian Amerika Serikat, Pew Research Center menemukan bahwa negara-negara di Asia Timur memiliki warga dengan tingkat tertinggi di dunia yang keluar dan berpindah agama. Hal ini menarik untuk dikaji lebih lanjut mengingat tingginya persentase perpindahan agama di wilayah tersebut.

Survei ini menangkap bahwa lebih dari 10.000 orang mengatakan bahwa mereka sekarang memiliki identitas agama yang berbeda dengan agama yang mereka anut saat dibesarkan. Menurut data yang dikutip dari www.detik.com, Hong Kong dan Korea Selatan menduduki peringkat teratas, dengan 53% responden di masing-masing negara mengatakan bahwa mereka telah mengubah agama mereka, termasuk benar-benar meninggalkan agama. Persentase yang cukup tinggi ini merupakan fenomena menarik yang perlu lebih didalami.

Di samping itu, di Taiwan, 42% orang telah berpindah agama dan di Jepang sebanyak 32%. Dalam perbandingan yang menarik, survei tahun 2017 di Eropa mengungkapkan bahwa tidak satupun negara di benua ini yang punya tingkat perpindahan agama melebihi 40%. Hal ini menunjukkan bahwa perpindahan agama tampaknya lebih umum terjadi di wilayah Asia Timur daripada di Eropa.

Lebih lanjut, data dari Amerika Serikat juga menarik perhatian, dimana survei tahun lalu menunjukkan bahwa hanya 28% orang dewasa yang mengaku tidak lagi mengidentifikasi diri mereka dengan agama yang mereka anut sewaktu kanak-kanak. Angka ini menunjukkan bahwa perpindahan agama tidak hanya terjadi di Asia Timur, tetapi juga di negara-negara lain di dunia.

Survei Pew Research Center juga mengungkapkan fakta yang mengejutkan bahwa 19% responden yang dibesarkan sebagai penganut Kristen di Korea Selatan telah meninggalkan agama itu, sedangkan di Hong Kong, jumlahnya mencapai 17%. Selain itu, bukan hanya agama Kristen yang kehilangan penganut di Korea Selatan, sebanyak 20% orang yang dibesarkan sebagai penganut agama Buddha di negara tersebut juga telah pindah agama. Di Hong Kong dan Jepang, jumlahnya masing-masing mencapai 17%. Hal ini menunjukkan bahwa perpindahan agama tidak hanya terjadi antar agama yang berbeda, tetapi juga di dalam agama yang sama.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.