Tampang

Menyetel Alarm: Sejarah dan Psikologi di Balik Kebiasaan Bangun Pagi

18 Jun 2024 09:27 wib. 53
0 0
menyetel alarm pagi
Sumber foto: Pinterest

Menyetel alarm adalah rutinitas harian yang hampir setiap orang lakukan. Tindakan ini dianggap efektif untuk membantu seseorang bangun pagi, menjalani hari, dan memulai aktivitas dengan tepat waktu. Namun, sedikit yang menyadari bahwa ada sejarah panjang di balik penemuan dan perkembangan alat alarm, mulai dari jam mekanis kuno hingga alarm digital modern. Tidak hanya itu, terdapat pula aspek psikologis yang menarik mengenai bagaimana alarm mempengaruhi kebiasaan tidur dan bangun kita.

Sejarah Alarm

Sistem alarm pertama kali digunakan pada zaman Mesir kuno. Para pendeta menggunakan alat-alat khusus untuk membangunkan umat pada waktu-waktu ibadah. Kemudian, pada abad ke-4 Masehi, orang Romawi sudah menggunakan lilin yang disusun secara khusus agar bisa menyala dalam waktu tertentu sebagai alat pengingat. Perkembangan selanjutnya terjadi pada abad ke-15 ketika masyarakat Eropa mulai menggunakan jam mekanis dengan fitur alarm.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, alat alarm semakin menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada awal abad ke-20, alarm mulai didesain dalam bentuk jam weker portabel yang menggunakan pegas untuk menghasilkan bunyi yang cukup keras. Tak lama kemudian, jam digital dengan fitur alarm menjadi populer dan menjadi standar di hampir setiap rumah tangga.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%