3. Membantu Narasi dan Pengembangan Karakter
Musik dan suara juga dapat digunakan untuk mendukung narasi dan pengembangan karakter dalam game. Melodi atau tema tertentu dapat dikaitkan dengan karakter atau momen penting dalam cerita, membantu pemain untuk lebih terhubung secara emosional dengan karakter dan plot. Sebagai contoh, tema musik khusus yang diputar setiap kali karakter utama muncul dapat memperkuat identitas karakter tersebut dan memberikan petunjuk emosional kepada pemain.
4. Memberikan Petunjuk dan Feedback
Efek suara sering kali digunakan untuk memberikan petunjuk dan feedback kepada pemain. Suara tertentu dapat menandakan bahwa pemain telah berhasil melakukan tindakan tertentu, seperti membuka pintu atau menemukan item penting. Selain itu, suara juga dapat digunakan untuk memperingatkan pemain tentang bahaya yang mendekat atau memberikan isyarat taktis selama pertempuran.
5. Meningkatkan Keterlibatan Emosional
Musik dan suara yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan keterlibatan emosional pemain dalam permainan. Soundtrack yang emosional dapat membuat momenmomen penting dalam game menjadi lebih berkesan dan mengharukan. Misalnya, musik yang melankolis selama adegan kematian karakter bisa membuat pemain merasakan kesedihan yang mendalam, sementara musik kemenangan yang megah dapat membuat momen kemenangan terasa lebih epik.