Tampang

Mengapa Siswa Lebih Suka Bermain Game Online Ketimbang Belajar?

18 Mar 2024 06:08 wib. 131
0 0
Dampak Negatif Game Online

Game online telah menjadi fenomena yang populer di kalangan siswa di era digital ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak siswa lebih memilih menghabiskan waktu luang mereka dengan bermain game online daripada melakukan kegiatan lain. Hal ini menimbulkan pertanyaan, faktor apa yang membuat siswa lebih suka bermain game online? Berikut ini beberapa faktor yang dapat menjadi penjelasan atas fenomena ini.

1. Tantangan dan Kurva Belajar yang Mendalam
Game online seringkali menawarkan tantangan yang menarik dan memunculkan hasrat untuk terus memperbaiki kemampuan melalui kurva belajar yang mendalam. Faktor ini menarik bagi siswa yang ingin merasakan kepuasan ketika berhasil menyelesaikan sebuah tantangan dalam game. Sehingga, ketika siswa mengalami kesulitan dalam pelajaran di sekolah, bermain game online menjadi pilihan yang menarik karena mereka merasa mampu menguasai sesuatu dengan lebih mudah.

2. Kecanduan Game dan Perasaan Diterima
Kecanduan game merupakan faktor lain yang membuat siswa lebih suka bermain game online. Dengan adanya sistem reward yang diberikan oleh game, siswa merasa meraih pencapaian atau prestasi yang membuat mereka merasa diakui dan diterima. Hal ini dapat menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi siswa yang kurang mendapatkan perhatian atau pengakuan dari lingkungan sekitarnya.

3. Teknologi dan Akses Mudah
Kemajuan teknologi juga mempermudah akses siswa untuk bermain game online. Sebagian besar siswa memiliki akses ke perangkat digital seperti smartphone, tablet, atau laptop yang memungkinkan mereka untuk dengan mudah bermain game online di mana saja dan kapan saja. Dengan adanya kemudahan akses ini, siswa cenderung lebih tergoda untuk menghabiskan waktu luang mereka dengan bermain game.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

20 Cara Mengatur Waktu dengan Baik
0 Suka, 0 Komentar, 31 Mar 2018
13 Fakta Menarik Mengenai Ciuman
0 Suka, 0 Komentar, 23 Mar 2018
hijab style
0 Suka, 0 Komentar, 3 Sep 2018

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?