Tampang

Madu Indonesia: Memperjuangkan Tempatnya di Pasar Internasional

18 Sep 2024 05:09 wib. 34
0 0
Madu Indonesia: Memperjuangkan Tempatnya di Pasar Internasional
Sumber foto: iStock

Di Jerman, madu memiliki sejarah panjang sebagai bagian dari diet tradisional dan terus berkembang karena meningkatnya minat terhadap produk-produk organik dan ramah lingkungan. Sementara itu, Jepang menggunakan madu dalam berbagai produk makanan, termasuk minuman dan kosmetik.

Indonesia memiliki puluhan jenis madu, di antaranya adalah Kelulut dari hutan kawasan Kalimantan, Madu Hutan Sumbawa, Madu Pahit Bangka, Madu Klenceng dari wilayah Blora, dan Madu Hutan Timor dari Nusa Tenggara Timur. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2023, Indonesia memproduksi 21.392 liter madu. Jawa Tengah dan Sumatera menjadi provinsi dengan kontribusi produksi terbesar.

Meski ada peningkatan produksi di beberapa daerah, angka ini masih jauh dari mencukupi kebutuhan dalam negeri, sehingga Indonesia masih harus mengimpor madu dari negara lain. Tren produksi madu di Indonesia sendiri mengalami fluktuasi dalam beberapa tahun terakhir. Perubahan iklim dan degradasi lingkungan yang mengganggu habitat lebah turut memengaruhi produksi madu, tetapi pada 2023, produksi madu mulai meningkat dengan total produksi mencapai 9.430,62 ton.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?