Tampang

Ketegangan Pedagang Terkait Isu Razia Impor di Tanah Abang-ITC Jakarta

21 Jul 2024 20:29 wib. 98
0 0
Ketegangan Pedagang Terkait Isu Razia Impor di Tanah Abang-ITC Jakarta
Sumber foto: iStock

Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI) mengimbau agar seluruh pedagang di Tanah Abang dan ITC-ITC Jakarta tidak terpengaruh oleh isu razia terhadap pedagang yang menjual barang-barang impor. Abdullah Mansuri, Ketua Umum DPP IKAPPI, mengatakan bahwa mereka perlu tetap tenang dan berkoordinasi dengan pedagang lainnya.

Abdullah menjelaskan bahwa isu ini bermula dari pernyataan Menteri Perdagangan (Mendag) yang menyatakan sikap untuk memberantas barang impor ilegal. Hal ini membuat para pedagang khawatir, terutama karena beberapa pihak menyatakan bahwa barang-barang yang dijual di pasar juga termasuk barang ilegal. Di sisi lain, pedagang di Pasar Tanah Abang dan ITC sebenarnya adalah pedagang kecil yang perlu mendapatkan perlindungan dan edukasi terhadap barang-barang impor ilegal. Oleh karena itu, mereka meminta pemerintah untuk memberikan penguatan edukasi serta perlindungan terhadap barang-barang ilegal.

Adapun terkait dengan pelaksanaan razia, Abdullah menekankan perlunya pengawasan yang sesuai dengan mekanisme yang telah diatur dalam Undang-Undang. Dalam pelaksanaannya, Satgas harus menyertakan surat pemberitahuan dan memberikan pengetahuan atau informasi terlebih dahulu kepada pedagang. Pedagang tidak boleh ditakut-takuti, melainkan seharusnya diberikan informasi terkait barang-barang impor ilegal sehingga mereka dapat membedakan dan menghindari barang-barang yang terlarang.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?