Tampang

Banyak Kapal Ditahan di AS dan China, Begini Respons RI

22 Okt 2024 17:41 wib. 35
0 0
Banyak Kapal Ditahan di AS dan China
Sumber foto: website

Amerika Serikat (AS) dan China telah meningkatkan pengawasan terhadap kapal-kapal internasional yang memasuki wilayah perairan kedua negara tersebut. Kenaikan ini telah menyebabkan penahanan sejumlah kapal yang melintasi perairan internasional.

Menurut laporan US Coast Guard, terjadi lonjakan jumlah kapal yang ditahan selama inspeksi Port State Control (PSC) pada tahun 2023. Rasio penahanan meningkat menjadi 1,22%, di mana 101 dari 8.300 kapal yang diperiksa berdasarkan aturan SOLAS mengalami penahanan.

Tidak hanya AS, Tiongkok juga mencatat peningkatan kasus penahanan kapal pada tahun 2023. China Maritime Safety Administration melaporkan telah menahan 358 dari 6.707 kapal yang diperiksa, jumlah yang 5,23% lebih tinggi dibandingkan rata-rata detensi di bawah Paris MoU dan Tokyo MoU.

Tren peningkatan penahanan kapal ini diperkirakan akan terus berlanjut pada tahun 2024 seiring dengan kampanye intensifikasi inspeksi oleh beberapa negara.

Staff Ahli Bidang Hukum Laut, Okto Irianto, mengungkapkan bahwa temuan terbanyak pada sistem permesinan dan kelistrikan menjadi penyebab utama penahanan kapal. Di Tiongkok, inspeksi lebih difokuskan pada permesinan dan sistem kelistrikan kapal, yang sering mengalami masalah serius.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Uang Haram Trotoar Tanah  Abang
0 Suka, 0 Komentar, 28 Des 2017
youtuber sukses
0 Suka, 0 Komentar, 14 Jun 2019

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.