Tampang

Kota Uruk: Lahirnya Peradaban Kota Pertama

1 Jun 2024 13:33 wib. 214
0 0
Kota Uruk
Sumber foto: Pinterest

Kota Uruk juga dikenal sebagai tempat lahirnya sistem tulisan piktografik, yang kemudian berkembang menjadi tulisan kuneiform. Hal ini memungkinkan masyarakat Uruk untuk merekam dan menyimpan informasi secara tertulis, mengubah cara komunikasi dan penyimpanan pengetahuan dalam masyarakat.

Sistem Sosial di Uruk

Di Uruk, masyarakat terbagi dalam berbagai kelas sosial, dari petani hingga bangsawan. Para bangsawan dan imam memiliki peran penting dalam pemerintahan serta kehidupan keagamaan kota. Sistem perdagangan yang maju juga memungkinkan terciptanya sebuah pasar yang sibuk dan ramai.

Warisan Kota Uruk

Kota Uruk memberi warisan yang berharga bagi peradaban manusia. Dari sistem politik, tulisan, hingga arsitektur, banyak hal penting yang lahir dan berkembang di Uruk pada masa lampau, yang masih mempengaruhi kehidupan manusia hingga saat ini.

Keberadaan Uruk juga menjadi tolok ukur bagi perkembangan peradaban di masa kini. Uruk dapat menjadi sumber inspirasi bagi berbagai aspek kehidupan, baik itu dalam bidang seni, arsitektur, perdagangan, maupun tata kelola pemerintahan yang efisien.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

sujud panjang
0 Suka, 0 Komentar, 2 Jul 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.