Tampang

Kabar Gembira, Pemerintah Mengumumkan Kelahiran Satu Anak Badak Jawa

18 Sep 2024 11:10 wib. 42
0 0
Kabar Gembira, Pemerintah Mengumumkan Kelahiran Satu Anak Badak Jawa
Sumber foto: Google

Satu Badak Jawa telah lahir di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), disampaikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Anak Badak Jawa yang baru lahir tersebut diberi nama IRIS oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) pada 6 September 2024.

Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) merupakan spesies yang hampir punah di Indonesia. Mereka ditemukan terutama di wilayah Taman Nasional Ujung Kulon, yang terletak di ujung barat Pulau Jawa. Namun, populasi Badak Jawa terus mengalami penurunan akibat perburuan ilegal dan kerusakan habitat. Oleh karena itu, kabar mengenai kelahiran Satu Anak Badak Jawa di TNUK sangatlah menggembirakan.

IRIS lahir dari induk Badak Jawa yang mendapat perlindungan dari petugas TNUK. Berita tentang kelahirannya menjadi harapan besar bagi upaya pelestarian spesies ini. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan bahwa kelahiran IRIS adalah bukti nyata dari kesuksesan program konservasi yang terus dilakukan di Taman Nasional Ujung Kulon.

Badak Jawa diberi perlindungan khusus karena status konservasinya yang sangat rentan. Keberadaan mereka di alam liar kini semakin terancam akibat perburuan ilegal dan hilangnya habitat alami. Oleh karena itu, langkah-langkah konservasi yang dilakukan oleh pemerintah, lembaga konservasi, dan komunitas lokal sangatlah vital untuk memastikan kelangsungan hidup spesies ini.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?