Tampang

Jokowi, Perusahaan Lebih Pilih Freelancer, Dunia Kerja Makin Sempit

21 Sep 2024 18:28 wib. 46
0 0
Jokowi, Perusahaan Lebih Pilih Freelancer, Dunia Kerja Makin Sempit
Sumber foto: Google

Presiden Joko Widodo mewanti-wanti sejumlah tantangan terkait minimnya lapangan kerja beberapa tahun yang akan datang, melambatnya pertumbuhan ekonomi global, dan berkembangnya teknologi yang dapat menggantikan manusia. Kemajuan teknologi dan perubahan tren ekonomi memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap dunia kerja saat ini. Salah satu fenomena yang akan menjadi tren di masa depan adalah gig economy atau ekonomi gig.

Gig economy merupakan bentuk ekonomi di mana pekerja lepas, atau yang lebih dikenal dengan sebutan freelancer, bekerja mandiri untuk beberapa perusahaan atau individu, tanpa terikat oleh kontrak kerja jangka panjang. Hal ini menjadi relevan karena perusahaan lebih memilih menggunakan freelancer daripada merekrut karyawan penuh waktu. Ada beberapa alasan mengapa perusahaan cenderung beralih ke model gig economy.

Pertama, fleksibilitas. Dalam gig economy, perusahaan dapat dengan mudah menyesuaikan sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan proyek yang sedang berjalan. Merekrut freelancer memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan tim kerja sesuai dengan proyek spesifik yang sedang dikerjakan, tanpa harus membayar biaya overhead yang terkait dengan karyawan tetap.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.