Tampang

Burung Kakak Tua: Cara Merawat dan Melatihnya agar Jinak

8 Jun 2024 17:51 wib. 262
0 0
Burung Kakak Tua
Sumber foto: Pinterest

Selain itu, perhatikan juga kebersihan tubuh burung kakak tua. Mandikan burung kakak tua secara rutin, namun pastikan untuk tidak terlalu sering karena bisa membuat bulu burung rusak. Keringkan bulu burung kakak tua dengan cara membiarkan burung terkena sinar matahari.

Melatih Burung Kakak Tua agar Jinak

Melatih burung kakak tua agar jinak juga memerlukan kesabaran dan keterampilan khusus. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menghabiskan waktu yang cukup dekat dengan burung kakak tua. Biarkan burung merasa nyaman dengan kehadiran manusia di sekitarnya. Jangan lupa untuk memberikan makanan secara teratur agar burung merasa bahwa manusia adalah sumber makanan yang aman.

Setelah burung terbiasa dengan kehadiran manusia di sekitarnya, coba untuk mendekati burung secara perlahan-lahan. Jangan membuat gerakan yang mendadak atau terlalu menakutkan burung. Biarkan burung kakak tua merasa bahwa manusia adalah sosok yang aman dan tidak berbahaya.

Pada tahap selanjutnya, cobalah untuk memberikan makanan dengan tangan secara perlahan-lahan. Dengan memberikan makanan langsung dari tangan, burung kakak tua akan merasa bahwa manusia adalah sosok yang dapat dipercaya dan tidak menyakiti mereka. 

Perhatikan juga bahasa tubuh burung kakak tua. Jika burung terlihat cemas atau takut, berhentilah melakukan pendekatan dan berikan burung waktu untuk merasa nyaman kembali. Kesabaran dan konsistensi merupakan kunci utama dalam melatih burung kakak tua agar jinak.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

saracen
0 Suka, 0 Komentar, 19 Sep 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.