Tampang

Bumi Bakal Gelap Selama 3 Hari Jelang Lebaran?

7 Apr 2024 11:52 wib. 42
0 0
Bumi Bakal Gelap Selama 3 Hari Jelang Lebaran?
Sumber foto: Google

Isu tentang bumi yang akan gelap selama 3 hari jelang lebaran telah ramai diperbincangkan belakangan ini. Namun, perlu diketahui bahwa informasi tersebut adalah tidak benar menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Kabar mengenai bumi yang akan gelap selama 3 hari sebelum lebaran merupakan sebuah hoaks yang perlu dihindari. 

BMKG telah membantah kabar tersebut dan menegaskan bahwa tidak ada informasi ilmiah yang mendukung klaim tersebut. Isu tersebut dapat menimbulkan kepanikan dan kebingungan di masyarakat jika terus dipercayai. Sebagai masyarakat yang cerdas, penting untuk tidak cepat terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Salah satu peristiwa alam yang sering dikaitkan dengan klaim tersebut adalah gerhana matahari total. Gerhana matahari total memang merupakan peristiwa alam yang langka dan menakjubkan. Namun, gerhana matahari total yang terjadwal berikutnya di Indonesia akan terjadi pada tanggal 8 April 2024. Hal ini merupakan salah satu fenomena alam yang dapat diamati secara ilmiah dan telah diprediksi dengan akurat oleh para ilmuwan.

Gerhana matahari total sendiri terjadi ketika bulan berada di antara bumi dan matahari sehingga menyebabkan bayangan bulan jatuh ke permukaan bumi. Dalam beberapa saat, matahari akan tampak seperti gelap dan terjadi fenomena langit yang spektakuler. Namun, perlu dicatat bahwa gerhana matahari total tidak akan menyebabkan bumi gelap selama 3 hari. Hal tersebut hanyalah mitos yang perlu diklarifikasi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Sedekah dalam Islam Meniti Jalan Kebaikan
0 Suka, 0 Komentar, 24 Mar 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?