Tutup Iklan
hijab
  
login Register
Makanan Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Dikonsumsi, Namun Ini Batasnya ...

Makanan Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Dikonsumsi, Namun Ini Batasnya ...

13 Februari 2018 | Dibaca : 317x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Pernah menemukan makanan kemasan yang ingin kamu makan, namun ternyata sudah kedaluwarsa? Atau kamu baru menyadarinya setelah menghabiskan makanan tersebut?

Umumnya, ketika makanan tersebut telah kedaluwarsa, kita akan membuang makanan tersebut. Hal ini untuk menghindari bahaya yang ada pada makanan yang sudah kedaluwarsa.

Tanggal 'kedaluwarsa' adalah tanggal kemasan yang berkaitan dengan keamanan pangan. Jika sudah lewat batas tanggal kedaluwarsa, maka buanglah makanannya.

Hal ini memang tepat. Namun, sebenarnya makanan ini masih layak untuk dikonsumsi. Makanan kedaluwarsa bisa bertahan pada makanan yang disimpan di kulkas atau pantry, dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (12/2/2018).

Selain itu, tanggal kedaluwarsa bukan melulu berkaitan dengan makanan menjadi busuk. Tapi memberitahu konsumen, bagaimana menjaga produk tetap terjaga kesegaran, rasa, maupun teksturnya.

Ada aturan sederhana yang bisa Anda lakukan, berapa hari makanan yang dibeli mampu bertahan. Susu biasanya aman selama dua sampai tiga hari setelah tanggal kedaluwarsa. Simpan di bagian belakang kulkas, yang suhunya paling dingin.

Untuk makanan lain, margarin bisa bertahan selama empat sampai enam bulan setelah pembelian. Telur aman dikonsumsi selama tiga sampai lima minggu setelah pembelian. Serupa dengan susu, simpan telur di bagian belakang kulkas, yang suhunya lebih dingin, bukan di pintu.

Ayam, daging, dan unggas akan bertahan selama satu sampai dua hari setelah pembelian. Bagi Anda yang suka pasta kering, makanan tersebut bisa bertahan selama satu sampai dua tahun setelah pembelian.

Meski buah dan sayuran kalengan ada batas kedaluwarsa. Makanan kalengan itu bisa bertahan selamanya. Kuncinya, makanan kaleng disimpan dalam freezer, yang membeku.

Namun, aturan tidak berlaku jika kemasan makanan ternyata rusak, penyok atau berkarat.

Meskipun belum memasuki tanggal kedaluwarsa, jika kamu menemukan makanan tersebut berbeda dari segi warna dan bau, sebaiknya kamu membuangnya.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Siapa Sangka 6 Menteri Jokowi Ini, Pernah Jadi Santri
22 Oktober 2017, by Slesta
Tampang.com – Presiden Jokowi telah menetapkan tanggal 22 Oktober 2017 sebagai Hari Santri Nasional. Penetapan ini disambut baik oleh semua pihak, ...
Jalur Puncak ditutup Total Akibat Longsor
5 Februari 2018, by Retno Indriyani
Tampang.com - Jalur menunju kawasan puncak, Bogor, Jawa Barat tertutup total akibat material longsor. Akibatnya, akses utama menuju Cianjur-Bandung terputus ...
https://www.merdeka.com/gaya/7-kuliner-kekinian-yang-ngehits-sepanjang-tahun-2017.html
26 Desember 2017, by Jenis Jaya Waruwu
Keberadaan Instagram di jejaring sosia media membawa pengaruh yang positif bagi banyak bidang kehidupan masyarakat untuk menyalurkan hobi dan meningkatkan ...
Persib Akhirnya harus Akui Keperkasaan Sriwijaya FC
1 April 2018, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com - Keunggulan Persib Bandung di babak pertama kontra tuan rumah Sriwijaya FC pada laga kedua Gojek Liga 1, dibayar mahal oleh para pemain Sriwijaya ...
Tetap Modis Dengan Celana Corak
11 November 2017, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com - Dewasa ini makin banyak saja trend mode yang kembali ke jaman duu tahun 50’an. Mulai dari model baju yang payung bahkan baju plisket ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
hijab