Tutup Iklan
hijab
  
login Register
Makanan Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Dikonsumsi, Namun Ini Batasnya ...

Makanan Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Dikonsumsi, Namun Ini Batasnya ...

13 Februari 2018 | Dibaca : 136x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Pernah menemukan makanan kemasan yang ingin kamu makan, namun ternyata sudah kedaluwarsa? Atau kamu baru menyadarinya setelah menghabiskan makanan tersebut?

Umumnya, ketika makanan tersebut telah kedaluwarsa, kita akan membuang makanan tersebut. Hal ini untuk menghindari bahaya yang ada pada makanan yang sudah kedaluwarsa.

Tanggal 'kedaluwarsa' adalah tanggal kemasan yang berkaitan dengan keamanan pangan. Jika sudah lewat batas tanggal kedaluwarsa, maka buanglah makanannya.

Hal ini memang tepat. Namun, sebenarnya makanan ini masih layak untuk dikonsumsi. Makanan kedaluwarsa bisa bertahan pada makanan yang disimpan di kulkas atau pantry, dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (12/2/2018).

Selain itu, tanggal kedaluwarsa bukan melulu berkaitan dengan makanan menjadi busuk. Tapi memberitahu konsumen, bagaimana menjaga produk tetap terjaga kesegaran, rasa, maupun teksturnya.

Ada aturan sederhana yang bisa Anda lakukan, berapa hari makanan yang dibeli mampu bertahan. Susu biasanya aman selama dua sampai tiga hari setelah tanggal kedaluwarsa. Simpan di bagian belakang kulkas, yang suhunya paling dingin.

Untuk makanan lain, margarin bisa bertahan selama empat sampai enam bulan setelah pembelian. Telur aman dikonsumsi selama tiga sampai lima minggu setelah pembelian. Serupa dengan susu, simpan telur di bagian belakang kulkas, yang suhunya lebih dingin, bukan di pintu.

Ayam, daging, dan unggas akan bertahan selama satu sampai dua hari setelah pembelian. Bagi Anda yang suka pasta kering, makanan tersebut bisa bertahan selama satu sampai dua tahun setelah pembelian.

Meski buah dan sayuran kalengan ada batas kedaluwarsa. Makanan kalengan itu bisa bertahan selamanya. Kuncinya, makanan kaleng disimpan dalam freezer, yang membeku.

Namun, aturan tidak berlaku jika kemasan makanan ternyata rusak, penyok atau berkarat.

Meskipun belum memasuki tanggal kedaluwarsa, jika kamu menemukan makanan tersebut berbeda dari segi warna dan bau, sebaiknya kamu membuangnya.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Dijual! Rumah Tinggal Berasa di Dua Negara
11 Juni 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Penasaran nggak sih bagaimana rasanya tinggal di dua negara? Mungkin rumah yang sedang dijual ini dapat memenuhi impian Anda, sebab rumah unik ...
Panda Raksasa Ini Ternyata Pembangkit Listrik Loh
6 Juli 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Untuk mengurangi emisi karbon, pemerintah Tiongkok belum lama ini membangun pembangkit listrik bertenaga surya di Datong, Shanxi. Uniknya, ...
4 Cara Ini Buat Tidur Kamu Cepat Lelap
10 September 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Aktifitas harian yang padat dan melelahkan membuat kita ingin istirahat secepatnya. Namun, biasanya hal ini tak semudah yang dipikirkan. Sebagian ...
Istri Mantan Jenderal Minta Maaf Ngakunya karena Buru-buru
8 Juli 2017, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com- Joice Waraouw, pelaku penamparan petugas Avsec di Bandara Sam Ratulangi, Manado meminta maaf kepada korban, Jemmy W Hantaouw dan Amelia Anggraeni ...
istri ridwan kamil
17 Juli 2017, by Indah Nur Etika
Istri dari Walikota Bandung, Atalia Praratya, resmi memperoleh gelar masternya pada Sabtu, 15 Juli 2017 kemarin. Bahkan ia juga menyandang sebagai lulusan ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
JusKulitManggis