Tutup Iklan
powerman
  
login Register
Makanan Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Dikonsumsi, Namun Ini Batasnya ...

Makanan Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Dikonsumsi, Namun Ini Batasnya ...

13 Februari 2018 | Dibaca : 291x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Pernah menemukan makanan kemasan yang ingin kamu makan, namun ternyata sudah kedaluwarsa? Atau kamu baru menyadarinya setelah menghabiskan makanan tersebut?

Umumnya, ketika makanan tersebut telah kedaluwarsa, kita akan membuang makanan tersebut. Hal ini untuk menghindari bahaya yang ada pada makanan yang sudah kedaluwarsa.

Tanggal 'kedaluwarsa' adalah tanggal kemasan yang berkaitan dengan keamanan pangan. Jika sudah lewat batas tanggal kedaluwarsa, maka buanglah makanannya.

Hal ini memang tepat. Namun, sebenarnya makanan ini masih layak untuk dikonsumsi. Makanan kedaluwarsa bisa bertahan pada makanan yang disimpan di kulkas atau pantry, dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (12/2/2018).

Selain itu, tanggal kedaluwarsa bukan melulu berkaitan dengan makanan menjadi busuk. Tapi memberitahu konsumen, bagaimana menjaga produk tetap terjaga kesegaran, rasa, maupun teksturnya.

Ada aturan sederhana yang bisa Anda lakukan, berapa hari makanan yang dibeli mampu bertahan. Susu biasanya aman selama dua sampai tiga hari setelah tanggal kedaluwarsa. Simpan di bagian belakang kulkas, yang suhunya paling dingin.

Untuk makanan lain, margarin bisa bertahan selama empat sampai enam bulan setelah pembelian. Telur aman dikonsumsi selama tiga sampai lima minggu setelah pembelian. Serupa dengan susu, simpan telur di bagian belakang kulkas, yang suhunya lebih dingin, bukan di pintu.

Ayam, daging, dan unggas akan bertahan selama satu sampai dua hari setelah pembelian. Bagi Anda yang suka pasta kering, makanan tersebut bisa bertahan selama satu sampai dua tahun setelah pembelian.

Meski buah dan sayuran kalengan ada batas kedaluwarsa. Makanan kalengan itu bisa bertahan selamanya. Kuncinya, makanan kaleng disimpan dalam freezer, yang membeku.

Namun, aturan tidak berlaku jika kemasan makanan ternyata rusak, penyok atau berkarat.

Meskipun belum memasuki tanggal kedaluwarsa, jika kamu menemukan makanan tersebut berbeda dari segi warna dan bau, sebaiknya kamu membuangnya.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

5 Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat yang Membandel
7 Juli 2018, by Jenis Jaya Waruwu
Jerawat merupakan musuh setiap orang terutama bagi para wanita. Sudah banyak cara untuk mengobati jerawat, namun yang paling menjengkelkan adalah kalau jerawat ...
Tidur dengan Kabel Charger yang Rusak, Gadis 14 Tahun Meninggal Dunia
17 November 2017, by Rachmiamy
Berhati- hatilah saat kita men-charge ponsel. Apalagi jika ponsel tersebut di charge semalaman dan dekat dengan kita. Jangan karena alasan tidak bisa jauh- ...
Perppu Pembubaran Ormas diterbitkan, Wiranto: Masyarakat Tetap Tenang
13 Juli 2017, by Zeal
tampang.com - Presiden Joko Widodo sudah meneken Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Pembubaran Organisasi Masyarakat. Hal ini ...
Kamu Sedang Kesepian? Menginaplah di Hotel Ini, Dijamin Kamu Tak Kesepian Lagi
6 September 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Ada-ada saja tingkah laku hotel yang berada di Belgia ini. Mereka menyewakan ikan untuk tamu yang merasa kesepian dengan biaya sekitar Rp 55.000 ...
Rezvani Akan Luncurkan Mobil Tertangguh di Dunia
2 Juli 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Sebuah perusahaan mobil Amerika bernama Rezvani mengaku telah membuat Mobil tertangguh di dunia. Mobil ini berjenis Extreme Utility Vehicle. ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
hijab