Tutup Iklan
TokoBatik
  
login Register
Makanan Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Dikonsumsi, Namun Ini Batasnya ...

Makanan Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Dikonsumsi, Namun Ini Batasnya ...

13 Februari 2018 | Dibaca : 60x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Pernah menemukan makanan kemasan yang ingin kamu makan, namun ternyata sudah kedaluwarsa? Atau kamu baru menyadarinya setelah menghabiskan makanan tersebut?

Umumnya, ketika makanan tersebut telah kedaluwarsa, kita akan membuang makanan tersebut. Hal ini untuk menghindari bahaya yang ada pada makanan yang sudah kedaluwarsa.

Tanggal 'kedaluwarsa' adalah tanggal kemasan yang berkaitan dengan keamanan pangan. Jika sudah lewat batas tanggal kedaluwarsa, maka buanglah makanannya.

Hal ini memang tepat. Namun, sebenarnya makanan ini masih layak untuk dikonsumsi. Makanan kedaluwarsa bisa bertahan pada makanan yang disimpan di kulkas atau pantry, dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (12/2/2018).

Selain itu, tanggal kedaluwarsa bukan melulu berkaitan dengan makanan menjadi busuk. Tapi memberitahu konsumen, bagaimana menjaga produk tetap terjaga kesegaran, rasa, maupun teksturnya.

Ada aturan sederhana yang bisa Anda lakukan, berapa hari makanan yang dibeli mampu bertahan. Susu biasanya aman selama dua sampai tiga hari setelah tanggal kedaluwarsa. Simpan di bagian belakang kulkas, yang suhunya paling dingin.

Untuk makanan lain, margarin bisa bertahan selama empat sampai enam bulan setelah pembelian. Telur aman dikonsumsi selama tiga sampai lima minggu setelah pembelian. Serupa dengan susu, simpan telur di bagian belakang kulkas, yang suhunya lebih dingin, bukan di pintu.

Ayam, daging, dan unggas akan bertahan selama satu sampai dua hari setelah pembelian. Bagi Anda yang suka pasta kering, makanan tersebut bisa bertahan selama satu sampai dua tahun setelah pembelian.

Meski buah dan sayuran kalengan ada batas kedaluwarsa. Makanan kalengan itu bisa bertahan selamanya. Kuncinya, makanan kaleng disimpan dalam freezer, yang membeku.

Namun, aturan tidak berlaku jika kemasan makanan ternyata rusak, penyok atau berkarat.

Meskipun belum memasuki tanggal kedaluwarsa, jika kamu menemukan makanan tersebut berbeda dari segi warna dan bau, sebaiknya kamu membuangnya.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Merasa Kurang Waktu Saat Bekerja, Ini Tips Agar Bisa Lebih Produktif
1 November 2017, by Slesta
Tampang.com – Di kantor kita akan selalu merasa pekerjaan tidak pernah habis menghampiri kita. Bahkan, sampai kita merasa waktu untuk menyelesaikan ...
wonder woman
2 Mei 2017, by herline
Siapa sih yang tak kenal dengan superhero wanita Wonder Woman? Bagi para pecinta film superhero sudah pasti tidak asing dengan pahlawan yang satu ini ya. ...
Berita Hoaks Makanan Diracuni dari Go-Food, Polisi: Masih Kami Selidiki!
18 Mei 2018, by Zeal
Tampang.com - Netizen sempat dihebohkan dengan tersebarnya berita hoaks dimana dalam kabar tersebut dikatakan bahwa makanan Go-Food telah diracun oleh Anggota ...
Yuk,  Lebih Bijak Menyikapi Perkembangan Teknologi!
6 Januari 2018, by Dika Mustika
Beberapa waktu lalu aku pergi ke sebuah pusat perbelanjaan barang elektronik. Di sana sungguh beragam jenis telepon seluler, laptop, proyektor, speaker, ...
Tips supaya Diterima sama Calon Mertua
22 November 2017, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com - Sudah punya pacar guys? Atau bahkan sudah lama berpacaran? Biasanya kalau kita sudah lama pacaran lalu sang doi ingin nih kenalkan sama orang ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
powerman