Tutup Iklan
Tryout.id
  
login Register
Makanan Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Dikonsumsi, Namun Ini Batasnya ...

Makanan Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Dikonsumsi, Namun Ini Batasnya ...

13 Februari 2018 | Dibaca : 189x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Pernah menemukan makanan kemasan yang ingin kamu makan, namun ternyata sudah kedaluwarsa? Atau kamu baru menyadarinya setelah menghabiskan makanan tersebut?

Umumnya, ketika makanan tersebut telah kedaluwarsa, kita akan membuang makanan tersebut. Hal ini untuk menghindari bahaya yang ada pada makanan yang sudah kedaluwarsa.

Tanggal 'kedaluwarsa' adalah tanggal kemasan yang berkaitan dengan keamanan pangan. Jika sudah lewat batas tanggal kedaluwarsa, maka buanglah makanannya.

Hal ini memang tepat. Namun, sebenarnya makanan ini masih layak untuk dikonsumsi. Makanan kedaluwarsa bisa bertahan pada makanan yang disimpan di kulkas atau pantry, dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (12/2/2018).

Selain itu, tanggal kedaluwarsa bukan melulu berkaitan dengan makanan menjadi busuk. Tapi memberitahu konsumen, bagaimana menjaga produk tetap terjaga kesegaran, rasa, maupun teksturnya.

Ada aturan sederhana yang bisa Anda lakukan, berapa hari makanan yang dibeli mampu bertahan. Susu biasanya aman selama dua sampai tiga hari setelah tanggal kedaluwarsa. Simpan di bagian belakang kulkas, yang suhunya paling dingin.

Untuk makanan lain, margarin bisa bertahan selama empat sampai enam bulan setelah pembelian. Telur aman dikonsumsi selama tiga sampai lima minggu setelah pembelian. Serupa dengan susu, simpan telur di bagian belakang kulkas, yang suhunya lebih dingin, bukan di pintu.

Ayam, daging, dan unggas akan bertahan selama satu sampai dua hari setelah pembelian. Bagi Anda yang suka pasta kering, makanan tersebut bisa bertahan selama satu sampai dua tahun setelah pembelian.

Meski buah dan sayuran kalengan ada batas kedaluwarsa. Makanan kalengan itu bisa bertahan selamanya. Kuncinya, makanan kaleng disimpan dalam freezer, yang membeku.

Namun, aturan tidak berlaku jika kemasan makanan ternyata rusak, penyok atau berkarat.

Meskipun belum memasuki tanggal kedaluwarsa, jika kamu menemukan makanan tersebut berbeda dari segi warna dan bau, sebaiknya kamu membuangnya.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Diancam Politisi Nasdem, Elza Syarief: Saya Minta Perlindungan
29 Agustus 2017, by Zeal
tampang - Pasca dilaporkan anggota Komisi III DPR dari Fraksi Nasdem, Akbar Faizal, ke Bareskrim Polri pada Senin (28/8), Pengacara Elza Syarief langsung ...
dewi sandra
17 Juli 2017, by Rachmiamy
Dewi Sandra menjadi bahan kritikan netizen gara-gara videonya memakaicadar di suatu acara belum lama ini. Dewi Sandra dianggap mempermainkan cadar. Melalui ...
Dampak Buruk Titip Absen Saat Kuliah
6 Maret 2018, by Jenis Jaya Waruwu
Titip absen saat kuliah bukan hal baru bagi pendengaran mahasiswa. Memang tidak semua mahasiswa pernah melakukannya, namun sebagian mahasiswa pernah ...
Stasiun Klender Terbakar.. Penumpang Telat Ngantor..
19 Mei 2017, by Retno Indriyani
Tampang.com - Kebakaran Stasiun Klender, Jatinegara, Jakarta Timur terjadi pada Jumat pagi (19/5/2017) sekitar pukul 07.30 WIB. Dugaan sementara penyebab ...
Ayo Periksa Denyut Nadi Anda Sendiri!
2 Oktober 2017, by Rio Nur Arifin
Apa itu denyut nadi? Denyut nadi hanyalah perluasan arteri. Ekspansi ini disebabkan oleh peningkatan tekanan darah yang mendorong dinding elastis arteri ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
SabunPemutih