Tutup Iklan
glowhite
  
login Register
Makanan Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Dikonsumsi, Namun Ini Batasnya ...

Makanan Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Dikonsumsi, Namun Ini Batasnya ...

13 Februari 2018 | Dibaca : 99x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Pernah menemukan makanan kemasan yang ingin kamu makan, namun ternyata sudah kedaluwarsa? Atau kamu baru menyadarinya setelah menghabiskan makanan tersebut?

Umumnya, ketika makanan tersebut telah kedaluwarsa, kita akan membuang makanan tersebut. Hal ini untuk menghindari bahaya yang ada pada makanan yang sudah kedaluwarsa.

Tanggal 'kedaluwarsa' adalah tanggal kemasan yang berkaitan dengan keamanan pangan. Jika sudah lewat batas tanggal kedaluwarsa, maka buanglah makanannya.

Hal ini memang tepat. Namun, sebenarnya makanan ini masih layak untuk dikonsumsi. Makanan kedaluwarsa bisa bertahan pada makanan yang disimpan di kulkas atau pantry, dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (12/2/2018).

Selain itu, tanggal kedaluwarsa bukan melulu berkaitan dengan makanan menjadi busuk. Tapi memberitahu konsumen, bagaimana menjaga produk tetap terjaga kesegaran, rasa, maupun teksturnya.

Ada aturan sederhana yang bisa Anda lakukan, berapa hari makanan yang dibeli mampu bertahan. Susu biasanya aman selama dua sampai tiga hari setelah tanggal kedaluwarsa. Simpan di bagian belakang kulkas, yang suhunya paling dingin.

Untuk makanan lain, margarin bisa bertahan selama empat sampai enam bulan setelah pembelian. Telur aman dikonsumsi selama tiga sampai lima minggu setelah pembelian. Serupa dengan susu, simpan telur di bagian belakang kulkas, yang suhunya lebih dingin, bukan di pintu.

Ayam, daging, dan unggas akan bertahan selama satu sampai dua hari setelah pembelian. Bagi Anda yang suka pasta kering, makanan tersebut bisa bertahan selama satu sampai dua tahun setelah pembelian.

Meski buah dan sayuran kalengan ada batas kedaluwarsa. Makanan kalengan itu bisa bertahan selamanya. Kuncinya, makanan kaleng disimpan dalam freezer, yang membeku.

Namun, aturan tidak berlaku jika kemasan makanan ternyata rusak, penyok atau berkarat.

Meskipun belum memasuki tanggal kedaluwarsa, jika kamu menemukan makanan tersebut berbeda dari segi warna dan bau, sebaiknya kamu membuangnya.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Inilah alasan Irjen M Iriawan Diberhentikan Dari Jabatannya!
24 Juli 2017, by Slesta
Tampang.com – Irjen Mochamad Iriawan kini telah menanggalkan jabatannya sebagai Kapolda Metro Jaya. Kini, Ia telah mengemban tugas baru sebagai Asisten ...
AC Kurangi Polutan dalam Kendaraan
23 Agustus 2017, by Rindang Riyanti
Bagi banyak orang, perjalanan ke dan dari tempat kerja adalah proses yang panjang dan penuh tekanan. Menurut Biro Sensus A.S., dibutuhkan rata-rata orang ...
Lagi Asik Makan Kacang Mede, Wanita Ini Malah Temukan Gigi di Dalamnya
12 Maret 2018, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Ketika tengah bersantai, ngemil kacang mede memang menyenangkan. Kamu tinggal menyantapnya langsung tanpa perlu mengupas kulitnya. Hal itu juga ...
Gelar Malam "1000 Cahaya", Djarot : Ini bukan untuk Ahok..
19 Mei 2017, by Rahmat Zaenudin
Malam "1000 Cahaya" akan digelar Pemprov DKI untuk menyambut hari Kebangkitan Nasional yang akan diperingati besok tanggal 20 Mei 2017. Plt Gubernur ...
Anies Resmi Tutup Alexis
29 Maret 2018, by Jenis Jaya Waruwu
Gubernur DKI Anies Baswedan melepas keberangkatan petugas Satpol PP DKI Jakarta guna melakukan penutupan Hotel Alexis secara resmi pada pukul 14.00 WIB, Kamis ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
powerman