Tutup Iklan
Tryout.id
  
login Register
Makanan Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Dikonsumsi, Namun Ini Batasnya ...

Makanan Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Dikonsumsi, Namun Ini Batasnya ...

13 Februari 2018 | Dibaca : 36x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Pernah menemukan makanan kemasan yang ingin kamu makan, namun ternyata sudah kedaluwarsa? Atau kamu baru menyadarinya setelah menghabiskan makanan tersebut?

Umumnya, ketika makanan tersebut telah kedaluwarsa, kita akan membuang makanan tersebut. Hal ini untuk menghindari bahaya yang ada pada makanan yang sudah kedaluwarsa.

Tanggal 'kedaluwarsa' adalah tanggal kemasan yang berkaitan dengan keamanan pangan. Jika sudah lewat batas tanggal kedaluwarsa, maka buanglah makanannya.

Hal ini memang tepat. Namun, sebenarnya makanan ini masih layak untuk dikonsumsi. Makanan kedaluwarsa bisa bertahan pada makanan yang disimpan di kulkas atau pantry, dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (12/2/2018).

Selain itu, tanggal kedaluwarsa bukan melulu berkaitan dengan makanan menjadi busuk. Tapi memberitahu konsumen, bagaimana menjaga produk tetap terjaga kesegaran, rasa, maupun teksturnya.

Ada aturan sederhana yang bisa Anda lakukan, berapa hari makanan yang dibeli mampu bertahan. Susu biasanya aman selama dua sampai tiga hari setelah tanggal kedaluwarsa. Simpan di bagian belakang kulkas, yang suhunya paling dingin.

Untuk makanan lain, margarin bisa bertahan selama empat sampai enam bulan setelah pembelian. Telur aman dikonsumsi selama tiga sampai lima minggu setelah pembelian. Serupa dengan susu, simpan telur di bagian belakang kulkas, yang suhunya lebih dingin, bukan di pintu.

Ayam, daging, dan unggas akan bertahan selama satu sampai dua hari setelah pembelian. Bagi Anda yang suka pasta kering, makanan tersebut bisa bertahan selama satu sampai dua tahun setelah pembelian.

Meski buah dan sayuran kalengan ada batas kedaluwarsa. Makanan kalengan itu bisa bertahan selamanya. Kuncinya, makanan kaleng disimpan dalam freezer, yang membeku.

Namun, aturan tidak berlaku jika kemasan makanan ternyata rusak, penyok atau berkarat.

Meskipun belum memasuki tanggal kedaluwarsa, jika kamu menemukan makanan tersebut berbeda dari segi warna dan bau, sebaiknya kamu membuangnya.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Lactalis Mengingat Formula Bayi Setelah Penemuan Salmonella
12 Desember 2017, by Slesta
Pihak berwenang Prancis telah memerintahkan penarikan kembali susu formula bayi dan produk makanan bayi buatan perusahaan susu Prancis Lactalis setelah ...
polri
29 Juni 2017, by Tonton Taufik
Oleh: Zulfikar Alhadad ➡ Pak polisi,  Nanti kalau saya buat video pendek durasi 15 menit. Isinya tentang perencanaan teror bom dengan pak polisi ...
Liburan Bisa Jadi Sulit Bagi Orang Tua yang Kesepian
21 Desember 2017, by Slesta
Lebih dari satu dari tiga orang tua Amerika menggambarkan diri mereka sebagai orang yang sepi, dan liburan bisa diisolasi terutama untuk mereka, para ahli ...
Greysia Polli dan Apriyani Rahayu Melaju ke Semifinal Hongkong Open Series 2017
25 November 2017, by Admin
Tampang.com  - Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, melaju ke semifinal Hong Kong Open yang digelar 21-26 November.Tiket empat ...
sri bintang pamungkas
5 Juni 2017, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com- Kasus Alkes yang menimpa Mantan Ketua MPR dan Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional ( PAN ), Amin Rais banyak yang angkat bicara, termasuk ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
SabunPemutih