Tutup Iklan
hijab
  
login Register
Makanan Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Dikonsumsi, Namun Ini Batasnya ...

Makanan Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Dikonsumsi, Namun Ini Batasnya ...

13 Februari 2018 | Dibaca : 339x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Pernah menemukan makanan kemasan yang ingin kamu makan, namun ternyata sudah kedaluwarsa? Atau kamu baru menyadarinya setelah menghabiskan makanan tersebut?

Umumnya, ketika makanan tersebut telah kedaluwarsa, kita akan membuang makanan tersebut. Hal ini untuk menghindari bahaya yang ada pada makanan yang sudah kedaluwarsa.

Tanggal 'kedaluwarsa' adalah tanggal kemasan yang berkaitan dengan keamanan pangan. Jika sudah lewat batas tanggal kedaluwarsa, maka buanglah makanannya.

Hal ini memang tepat. Namun, sebenarnya makanan ini masih layak untuk dikonsumsi. Makanan kedaluwarsa bisa bertahan pada makanan yang disimpan di kulkas atau pantry, dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (12/2/2018).

Selain itu, tanggal kedaluwarsa bukan melulu berkaitan dengan makanan menjadi busuk. Tapi memberitahu konsumen, bagaimana menjaga produk tetap terjaga kesegaran, rasa, maupun teksturnya.

Ada aturan sederhana yang bisa Anda lakukan, berapa hari makanan yang dibeli mampu bertahan. Susu biasanya aman selama dua sampai tiga hari setelah tanggal kedaluwarsa. Simpan di bagian belakang kulkas, yang suhunya paling dingin.

Untuk makanan lain, margarin bisa bertahan selama empat sampai enam bulan setelah pembelian. Telur aman dikonsumsi selama tiga sampai lima minggu setelah pembelian. Serupa dengan susu, simpan telur di bagian belakang kulkas, yang suhunya lebih dingin, bukan di pintu.

Ayam, daging, dan unggas akan bertahan selama satu sampai dua hari setelah pembelian. Bagi Anda yang suka pasta kering, makanan tersebut bisa bertahan selama satu sampai dua tahun setelah pembelian.

Meski buah dan sayuran kalengan ada batas kedaluwarsa. Makanan kalengan itu bisa bertahan selamanya. Kuncinya, makanan kaleng disimpan dalam freezer, yang membeku.

Namun, aturan tidak berlaku jika kemasan makanan ternyata rusak, penyok atau berkarat.

Meskipun belum memasuki tanggal kedaluwarsa, jika kamu menemukan makanan tersebut berbeda dari segi warna dan bau, sebaiknya kamu membuangnya.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Dedi Mulyani Menggagas Festival Sunda Jazz Festival Internasional
23 April 2018, by Jenis Jaya Waruwu
Tak diragukan kecintaan Dedi Mulyadi pada seni tradisional khususnya seni Sunda. Dapat dilihat dari cara berpakaianya yang sering kali tampil mengenakan ...
Ada Perubahan Jam Macet selama Ramadhan di Jakarta
17 Mei 2018, by Zeal
Tampang.com - Suasana bulan Ramadhan ternyata berpengaruh kepada lalu lintas di Jakarta. hal ini diungkapkan oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda ...
Jorge Lorenzo : "Jadi Ini Pertanda Bagus"
30 Januari 2018, by Rachmiamy
Di MotoGP 2017, Jorge Lorenzo memutuskan bergabung dengan tim Ducati Corse. Tapi ditahun pertamanya bergabung dengan tim Ducati Corse, pembalap asal Spanyol ...
Debat Pilkada Dilakukan di Garut Selama 2 Kali
27 April 2018, by Slesta
Tampang.com – Saat ini sedang diselenggarakan Pemilihan Kepala Daerah di Jawa Barat. Berbagai daerah kabupaten di Jawa Barat melaksanakan berbagai agenda ...
Menikmati Sensasi Padang Pasir di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta
28 Juli 2018, by Maman Soleman
Yogyakarta tidak pernah kehilangan pesona. Keistimewaannya membuat kita selalu ingin kembali dan kembali lagi. Yogyakarta tidak hanya dikenal karena memiliki ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
hijab