Tampang

Borobudur: Mahakarya Arsitektur Buddha yang Mendunia

4 Jul 2024 15:18 wib. 36
0 0
Candi Borobudur
Sumber foto: idjatim.com

Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia yang terletak di Pulau Jawa, tepatnya di Magelang, Jawa Tengah. Sebagai simbol kebesaran kerajaan Buddha dan salah satu peninggalan bersejarah terpenting di Indonesia, Candi Borobudur mempesona dunia dengan keindahannya. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi lebih dalam tentang keagungan Candi Borobudur dan sejarahnya yang kaya akan makna.

Candi Borobudur diperkirakan dibangun pada abad ke-9 oleh Dinasti Syailendra, yang pada saat itu memerintah di Jawa Tengah. Dibangun sebagai kuil agama Buddha Mahayana, Candi Borobudur menjadi tempat ziarah dan meditasi bagi umat Buddha di masa lalu. Struktur kompleks Candi Borobudur berbentuk stupa, yang merupakan representasi dari alam semesta dalam kosmologi Buddha. Bangunan ini juga mencerminkan filosofi agama Buddha mengenai perjalanan spiritual manusia menuju pencerahan.

Salah satu hal yang membuat Candi Borobudur begitu istimewa adalah arsitekturnya yang sangat mengagumkan. Candi ini terdiri dari sembilan tingkat, dengan empat tingkat bawahnya berbentuk bujur sangkar sementara lima tingkat di atasnya berbentuk bulat. Di setiap stupa, terdapat relief yang menceritakan kisah kehidupan Buddha dan ajaran-ajaran beliau. Relief-relief ini merupakan mahakarya seni yang sangat halus dan mendetail, menjadi salah satu ciri khas Candi Borobudur.

Tak hanya itu, Candi Borobudur juga memiliki 504 arca Buddha yang tersebar di berbagai sudut candi. Selain arca Buddha, terdapat juga 72 stupa yang menyimpan patung Buddha di dalamnya. Secara keseluruhan, keberadaan arca dan stupa ini memberikan nuansa sakral dan spiritual bagi pengunjung yang datang.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%