Tampang

Waspadai Pembobolan Rekening! Kenali 6 Tanda M-Banking yang Rentan Dibobol Maling

11 Jul 2024 19:14 wib. 182
0 0
Waspadai Pembobolan Rekening! Kenali 6 Tanda M-Banking yang Rentan Dibobol Maling
Sumber foto: iStock

Pembobolan rekening kian canggih sejalan dengan kemajuan teknologi. Para nasabah perbankan dituntut untuk selalu waspada dan memperoleh informasi terkini guna melindungi saldo rekening agar tetap aman. Menurut situs resmi OCBC NISP, ada sejumlah tanda-tanda rekening yang telah disusupi oleh para peretas. Seringkali, pelaku pembobolan dapat melakukan aksinya tanpa terdeteksi, sehingga korban tidak menyadari bahwa mereka tengah menjadi sasaran penipuan.

Ciri-Ciri Rekening yang Rentan Dibobol

1. Aktivitas Tidak Sah

Nasabah yang lengah memantau aktivitas transaksi masuk dan keluar rekening menjadi sasaran empuk para pelaku kriminal. Oleh karena itu, penting untuk selalu berhati-hati, rajin memonitor transaksi yang terjadi di rekening, termasuk nominal transaksi sekecil apapun.

2. Notifikasi Perubahan

Banyak nasabah yang mengabaikan pemberitahuan yang masuk melalui SMS, telepon, atau email. Jika ada notifikasi perubahan detail akun rekening yang tidak Anda kenali, kemungkinan besar akun Anda telah diretas.

3. Panggilan Palsu

Peneleponan palsu seringkali dialami oleh para korban. Menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal, dengan pihak yang mengaku sebagai staf bank tertentu, bisa menjadi pertanda bahaya. Untuk mengantisipasi hal ini, tegaslah untuk meminta mereka kembali menelepon menggunakan nomor telepon resmi perusahaan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?