Tampang

Sudah Tau Awal Mula Website? Simak di Sini Yuk

20 Jun 2020 12:19 wib. 1.165
0 0
Sudah Tau Awal Mula Website? Simak di Sini Yuk

Perubahan secara internasional sekarang ini terjadi secara global (seluruh dunia) karena terjadinya perkembangan ilmu pengetahuan serta perubahan aktivitas manusia. Baik itu dalam berpola pikir maupun cara pandang masyarakat dan berbagai aspek kebuadayaan lainnya. Dan nyatanya globalisasi memang tidak dapat dihindari, semuanya mengalir seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi. Seperti yang terjadi dewasa ini bahwa hampir di semua sektor kehidupan mengalami banyak perubahan dan perkembangan, tidak terkecuali dengan dunia teknologi dan komunikasi. Saat ini perkembangan  jaringan internet terus berkembang dari hari ke hari. Melalui jaringan internet juga setiap orang yang berada di berbagai belahan dunia dapat terhubung antara satu dengan yang lainnya. Internet berkaitan erat dengan alat mediator yang dikenal dengan nama website. Situs website mampu dalam menjembatani kominukasi di antara umat manusia yang ada di seluruh dunia.

Seiring dengan perkembangan maka manfaat internet kini sudah dapat diaplikasikan pada hal apapun dan tidak hanya sekedar pada pemanfaatan situs website semata. Semenjak akhir tahun 90 an hingga tahun 2000 an, internet semakin berkembang pesat, termasuk di Indonesia. Internet semakin berkembang dan di hampir semua sektor kehidupan tidak dapat lepas dari peranan jaringan internet. Semua hal kini dapat dilakukan di dunia maya atau secara online. Sampai dengan hal yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat. Sehingga website menurut wikipedia tidak lain adalah media komunikasi yang tersambung dengan jaringan internet di mana para penggunanya bisa menulis dan membaca atau mengakses semua informasi yang ada di dalamnya. Orang yang merupakan penemu dari layanan informasi tersebut adalah Prof.Sir Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya merupakan seorang pegawai dari sebuah perusahaan yang bergerak di bidang riset nuklir di Eropa.

Kala itu, tujuan website dibuat untuk memudahkan tukar menukar informasi di antara sesama pegawai pada perusahaan tempat ia bekerja. Namun kemudian ia melihat peluang bahwa website dapat digunakan secara global untuk kepentingan bersama. Tepatnya pada tanggal 30 April 1993 maka pengumuman resmi dikeluarkan bahwa situs website dapat digunakan serta dimanfaatkan secara gratis bagi seluruh orang di dunia ini. Kemudian kode program dasar yang merupakan standar digunakan dalam mmebuat kerangka website yaitu HTML atau Hyper Text Markup Language. Bahasa pemrograman ini dapat menyampaikan informasi yang berasal dari web server pada web browser. Selanjutnya semakin banyak orang yang ingin mengembangkan sebuah situs website dan kini hampir di setiap sektor industri sudah memiliki alamat situs website. Dapat dikatakan bahwa dengan memiliki sebuah situs website dapat mencerminka kredibilitas sebuah instansi, organisasi, perusahaan maupun perorangan. 

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?