Tampang

Pendiri Tencent, Pony Ma Kembali Raih Gelar Orang Terkaya di China

16 Sep 2024 20:30 wib. 48
0 0
Pendiri Tencent, Pony Ma Kembali Raih Gelar Orang Terkaya di China
Sumber foto: Unsplash.com

Pony Ma, selaku pendiri Tencent, juga terjebak dalam pembersihan tersebut. Namun, tidak seperti rekan-rekannya yang lebih vokal, pendiri Tencent selalu menjadi penyendiri, menghindari sorotan dan lebih suka mengatur aktivitas dari balik layar. Meski kekayaannya masih turun sekitar 40% dari puncaknya pada Januari 2021, ia tetap menunjukkan ketahanan dan keberhasilan dalam menjaga posisinya sebagai salah satu orang terkaya di Tiongkok.

Pony Ma mendirikan Tencent pada tahun 1998 dengan modal yang diperolehnya dari usaha sebelumnya sebesar 500.000 yuan (US$70.450), setara dengan 62 tahun upah rata-rata orang Tiongkok saat itu. Penduduk asli provinsi Guangdong di Tiongkok selatan ini, belajar ilmu komputer di Universitas Shenzhen dan menjadi pengembang perangkat lunak sebelum mendirikan Tencent bersama empat orang lainnya.

Tencent, penerbit game terbesar di dunia, meroket beberapa tahun sebelum tindakan keras China dimulai, dan pada puncaknya berdiri sebagai perusahaan kelima paling berharga di dunia. Tencent juga mengumpulkan saham di Tesla Inc., Reddit Inc., Snap Inc., Spotify Technology SA, dan berbagai merek hiburan global.

Kondisi perekonomian dan kebijakan perusahaan di China masih mempengaruhi perjalanan kekayaan Pony Ma. Meski demikian, dengan keberhasilan perusahaan Tencent, Pony Ma terus menunjukkan keunggulan dan ketahanan dalam menghadapi berbagai tantangan. Kembali menduduki peringkat teratas sebagai orang terkaya di China, Pony Ma telah membuktikan kehandalannya sebagai salah satu tokoh paling sukses dalam dunia bisnis dan teknologi di negaranya. Keberhasilan ini menginspirasi banyak pengusaha dan investornya, serta membuktikan bahwa industri teknologi terus menjadi salah satu sektor paling menjanjikan di China.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?