Tampang

Kehadiran Robotaxi China di Uni Emirat Arab

26 Sep 2024 19:34 wib. 25
0 0
Kehadiran Robotaxi China di Uni Emirat Arab
Sumber foto: iStock

Robotaxi atau taksi otomatis telah menjadi topik hangat dalam media belakangan ini. Terutama, kolaborasi antara Uber Technologies dan WeRide dalam membawa robotaxi asal China ke platform ridesharing di Uni Emirat Arab. Dikutip dari Reuters, kabar ini memunculkan kekhawatiran bagi para sopir online. Belum lama ini, pemerintahan Joe Biden juga mengajukan pelarangan uji coba teknologi self-driving China dan Rusia di Amerika Serikat dengan alasan keamanan nasional. Hal ini menjadi sorotan utama pada perdebatan mengenai keamanan dan pengaruh ekonomi dari kehadiran teknologi self-driving khususnya dari China.

Kolaborasi antara WeRide dan Uber di Uni Emirat Arab merupakan tonggak sejarah dalam perkembangan robotaxi. Hal ini merupakan sebuah langkah besar bagi WeRide dalam ekspansi bisnisnya di luar China. Sementara bagi Uber, menghadirkan opsi robotaxi di platformnya akan membawa pengalaman baru bagi pengguna layanan ridesharing di berbagai negara.

Belum lama ini, Uber juga memperluas kerjasamanya dengan Waymo milik Alphabet di Amerika Serikat untuk membawa robotaksi di Austin dan Atlanta. Lebih jauh lagi, mereka juga bekerja sama dengan unit robotaxi Cruise milik General Motors untuk menawarkan robotaxi mereka ke platform Uber mulai tahun depan. Hal ini menunjukkan bahwa kehadiran teknologi self-driving menjadi arah yang tidak bisa dihindari dalam industri transportasi global.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.