Tampang

Pemimpin Tidak Bisa Berlepas Diri dan Harus Bertanggungjawab dari Tuntutan Pengikutnya

11 Mar 2024 07:17 wib. 419
0 0
Tarsir Al Quran

Dalam ayat ini dijelaskan, bagaimana cara pemimpin-pemimpin mereka berlepas diri dan tanggungjawab dari tuntutan pengikut-pengikutnya. Pemimpin-pemimpin yang telah lebih dahulu masuk neraka mengatakan: "Kalau memang seperti yang kamu tuduhkan itu, bahwa kami menyesatkan kamu dan hendaklah azab kami dilipatgandakan dari azab yang kamu terima, maka sekarang kamu rasakan azab neraka ini karena kebodohanmu, mau disesatkan dari jalan yang benar. Kami tidak memaksamu untuk mengikuti kami tetapi kamu sendirilah yang memilih jalan yang sesat itu, berbuat dosa dan mendurhakai Allah. Begitulah akhirnya, mereka saling salah menyalahkan dan hal itu tidak ada gunanya lagi, karena mereka akan sama-sama berada dalam api neraka yang bergejolak itu.
Firman Allah:

Dan (harapanmu itu) sekali-kali tidak akan memberi manfaat kepadamu pada hari itu karena kamu telah menzalimi (dirimu sendiri). Sesungguhnya kamu pantas bersama-sama dalam azab itu. (az-Zukhruf/43: 39).

Pemimpin itu berdampak luar biasa, bisa membuat masyarakat menjadi sholeh dan bisa membuat mayarakat mungkar.  Pemimpin yang adil termasuk salah satu dari 7 golongan yang mendapatkan naungan di hari kiamat. Dalam hal ini Rasulullah SAW pernah bersabda, ada tujuh golongan manusia yang akan mendapat naungan Allah pada hari yang tiada naungan kecuali naungan-Nya, salah satunya adalah pemimpin yang adil (HR Bukhari dan Muslim).

إِمَامٌ عَدْلٌ

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Sistem Penilaian dalam Olahraga Tenis
0 Suka, 0 Komentar, 17 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?