Tampang

Mengenal Ordo Bektashi: Membentuk Negara Islam Baru di Albania

25 Sep 2024 05:15 wib. 43
0 0
Mengenal Ordo Bektashi: Membentuk Negara Islam Baru di Albania
Sumber foto: cnbcindonesia.com

Albania, sebuah negara kecil di Balkan yang terkenal dengan toleransi agamanya, sedang mengambil langkah berani dengan rencana pembentukan negara berdaulat baru yang didedikasikan untuk komunitas Muslim Bektashi. Perdana Menteri Albania, Edi Rama, mengumumkan tujuan tersebut dengan maksud untuk mempromosikan moderasi, toleransi, dan koeksistensi damai melalui Ordo Bektashi, salah satu cabang Sufi Islam yang sangat liberal.

Menurut laporan Euronews, negara baru yang direncanakan ini akan menjadi negara terkecil di dunia, dengan luas hanya seperempat dari Kota Vatikan dan berada di atas lahan seluas 10 hektar. Negara berdaulat Ordo Bektashi ini akan memiliki administrasi, paspor, dan perbatasan sendiri.

Keunikan dari negara ini terletak pada kebijakan liberalnya. Rencananya adalah untuk mengizinkan konsumsi alkohol, kebebasan berpakaian, serta tidak menerapkan aturan-aturan gaya hidup ketat, mencerminkan prinsip-prinsip inklusif dan toleran dari Ordo Bektashi.

Dalam pidatonya di hadapan PBB, Edi Rama menegaskan bahwa pembentukan negara ini adalah sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat versi Islam yang toleran, yang menjadi kebanggaan Albania. Selain itu, ia juga menyoroti sejarah panjang Albania dalam membantu kelompok-kelompok yang terpinggirkan, seperti menyelamatkan pengungsi Yahudi dari Nazi selama Perang Dunia II dan memberikan perlindungan kepada warga Afghanistan setelah Taliban kembali berkuasa tiga tahun lalu. Albania juga merupakan negara asal Bunda Teresa, tokoh kemanusiaan terkenal yang lahir di Makedonia Utara, yang sangat mencerminkan cinta untuk kemanusiaan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Minyak Kemiri
0 Suka, 0 Komentar, 19 Apr 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.