Tampang

Keutamaan Salat Dhuha Menurut Hadits

22 Jul 2024 10:44 wib. 74
0 0
Keutamaan Salat Dhuha Menurut Hadits
Sumber foto: pinterest

Salat Dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Keutamaan salat ini banyak disebut dalam hadits-hadits Rasulullah SAW. Salat Dhuha merupakan salah satu kesempatan untuk mendapatkan keberkahan, rahmat, dan keampunan dari Allah SWT. Dalam hadits-hadits yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW, terdapat penjelasan mengenai keutamaan salat Dhuha.

Salat Dhuha merupakan bentuk ibadah yang dikerjakan pada pagi hari, setelah terbitnya matahari hingga sebelum matahari berada di posisi tengah. Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Setiap sendi lutut dari setiap orang di antara kalian wajib atasnya sedekah pada setiap pagi murah satu kesalahan. Menyatakan tasbih 100 kali mengisi 360 hari. Dan dua raka’at salat Dhuha, yang akan lengkapi yang wajib untuknya dari hari dan malam (HR. Muslim)." Dari hadits ini, kita dapat memahami bahwa salat Dhuha memiliki keutamaan yang besar dalam Islam.

Salat Dhuha juga merupakan amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda, "Di surga terdapat bangunan bagi orang-orang yang melakukan salat tepat pada waktunya, yaitu yang melakukan salat Dhuha", (HR. Muslim). Dari hadits ini, kita dapat melihat bahwa Allah SWT sangat mencintai amalan salat Dhuha dan memberikan balasan yang besar bagi orang yang melaksanakannya dengan penuh keikhlasan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?