Tampang

Wamenkes Atasi Jumlah Dokter dengan Tambah Kuota Penerimaan Mahasiswa

20 Sep 2024 20:42 wib. 68
0 0
Wamenkes Atasi Jumlah Dokter dengan Tambah Kuota Penerimaan Mahasiswa
Sumber foto: Google

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, menyoroti kebutuhan akan peningkatan jumlah dokter di Indonesia. Menurutnya, menambah kuota penerimaan mahasiswa kedokteran bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kekurangan dokter umum yang saat ini masih terjadi di berbagai daerah.

Pada tahun 2021, Dante mengungkapkan bahwa Fakultas Kedokteran di perguruan tinggi Indonesia hanya mampu menghasilkan sekitar 12.000 dokter per tahun. Angka ini tentu masih jauh dari cukup untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga medis di seluruh Indonesia.

Menurut data yang dihimpun, saat ini Indonesia hanya memiliki sekitar 0,4 dokter per 1.000 penduduk. Angka ini masih jauh di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang merekomendasikan minimal 1 dokter per 1.000 penduduk. Hal ini menciptakan kesenjangan akses layanan kesehatan yang memadai, terutama di daerah pedesaan dan terpencil.

Dalam upaya mewujudkan peningkatan jumlah dokter, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menekankan pentingnya peningkatan kuota penerimaan mahasiswa kedokteran. Beliau mengungkapkan bahwa langkah ini merupakan bagian dari rencana strategis pemerintah dalam memperkuat sistem kesehatan nasional.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.