Tampang

RI Bakal Dicari-cari Dunia Karena Simpan 'Harta Karun' Ini

25 Jun 2024 21:44 wib. 169
0 0
RI Bakal Dicari-cari Dunia Karena Simpan 'Harta Karun' Ini
Sumber foto: iStock

Menurut data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), cadangan nikel di Indonesia secara keseluruhan diperkirakan mencapai 5,2 miliar ton, yang terdiri dari cadangan bijih nikel kadar tinggi (saprolit) sebesar 3,5 miliar ton dan cadangan bijih nikel kadar rendah (limonit) sebanyak 1,5 miliar ton. Wilayah Sulawesi tercatat sebagai tempat penyimpanan cadangan nikel terbesar di Indonesia, sementara sumber daya nikel sekitar 17 miliar ton masih belum dieksplorasi di luar green area.

Kementerian ESDM juga mencatat bahwa Indonesia memiliki cadangan nikel sebesar 72 juta ton Ni (nikel), yang merupakan 52% dari total cadangan nikel dunia yang mencapai 139.419.000 ton Ni. Selain itu, jumlah sumber daya bijih nikel di Indonesia sekitar 8,26 miliar ton dengan kadar 1%-2,5%, yang terdiri dari cadangan nikel dengan kadar kurang dari 1,7% sebanyak 4,33 miliar ton dan dengan kadar lebih dari 1,7% sebanyak 3,93 miliar ton.

Prediksi ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam industri nikel global, sehingga menjadikan negara ini sebagai aset yang sangat penting dalam pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan. Dengan pengelolaan yang tepat, Indonesia dapat menjadi pusat produksi nikel yang berkelanjutan dan berkontribusi secara signifikan dalam memenuhi kebutuhan global akan baterai kendaraan listrik di masa depan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Wuling Resmikan Dealer 3S di Indramayu
0 Suka, 0 Komentar, 15 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.