Tampang

Pengertian Morfologi dalam Bahasa Indonesia: Penjelasan Lengkap

9 Jun 2024 16:21 wib. 62
0 0
Pengertian Morfologi
Sumber foto: Google

Pengertian Morfolo

Morfologi merupakan salah satu cabang ilmu bahasa yang mempelajari struktur internal suatu kata. Ilmu ini memfokuskan pada pembentukan dan perubahan kata-kata dalam suatu bahasa, serta cara kata-kata tersebut saling berhubungan. Dengan mempelajari morfologi, kita dapat memahami bagaimana kata-kata dalam bahasa Indonesia dibentuk, baik secara bentuk dasar maupun bentuk turunannya. Istilah "morfologi" sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu "morphe" yang berarti "bentuk" dan "logos" yang berarti "ilmu". Dengan demikian, morfologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang bentuk kata.

Penjelasan Mengenai Morfologi
Morfologi mencakup berbagai konsep dasar, seperti akar kata, afiks, imbuhan, serta pembentukan kata. Akar kata merupakan bentuk dasar suatu kata tanpa adanya afiks atau imbuhan. Contoh dari akar kata adalah "baca" dalam kata "membaca" atau "membaca" dalam kata "membacakannya". Afiks dan imbuhan adalah unsur-unsur tambahan yang digunakan untuk membentuk kata-kata baru atau mengubah makna kata dasar. Afiks dapat berupa awalan (prefiks), sisipan (infiks), atau akhiran (sufiks) yang menempel pada akar kata.

Selain itu, morfologi juga mempelajari tentang pembentukan kata, baik melalui penggabungan kata atau pengulangan suku kata. Contohnya adalah pembentukan kata "pecinta" dari kata dasar "cinta" dengan menambahkan awalan "pen-" dan akhiran "-a", serta pembentukan kata kerja majemuk seperti "makan malam" atau "berjalan kaki". Dengan memahami konsep-konsep tersebut, kita dapat memahami bagaimana kata-kata dalam bahasa Indonesia membentuk makna dan strukturnya.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%