Tampang

Pengertian Melodrama: Drama Emosional yang Menarik Perhatian

19 Jun 2024 19:06 wib. 43
0 0
Pengertian Melodrama
Sumber foto: Google

Melodrama merupakan salah satu genre teater, film, atau cerita yang fokus pada ekspresi emosional yang melibatkan konflik emosional yang kuat antara tokoh-tokoh utama. Kata “melodrama” berasal dari kata Yunani kuno yang berarti "lagu drama", yang menandakan bahwa melodrama awalnya banyak menggunakan musik sebagai bagian integral dari pementasan dan pada zaman sekarang telah berkembang menjadi kisah-kisah yang emosional dengan alur cerita yang menarik.

 Penjelasan Mengenai Melodrama

Melodrama digambarkan sebagai kisah yang cenderung dramatis, bahkan kadang-kadang hiperbola, di mana emosi tokoh utama sangat terasa melalui konflik yang mereka alami. Konflik-konflik tersebut biasanya jelas antara tokoh baik dan jahat, yang sering kali bertentangan dengan nilai-nilai moral. Dalam melodrama, penonton cenderung dituntun untuk merasa simpati atau antipati terhadap tokoh-tokoh tersebut. 

Alur cerita melodrama seringkali sederhana dan mudah dipahami, dengan tokoh-tokoh yang memiliki karakteristik emosional yang kuat. Konflik yang dialami tokoh utama sering kali bersifat pribadi, seperti cinta dan kehilangan, atau juga konflik sosial yang melibatkan perbedaan kelas, keadilan, atau karma. Biasanya, melodrama juga menonjolkan peran musik atau suara yang mendukung dalam menciptakan suasana emosional yang kuat.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Stress Ternyata Baik, Asalkan ...
0 Suka, 0 Komentar, 10 Nov 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%