Tampang

Anoreksia: Penjelasan Mendalam tentang Gangguan Makan yang Mengkhawatirkan

22 Jun 2024 18:20 wib. 223
0 0
Pengertian Anoreksia
Sumber foto: Google

Anoreksia, juga dikenal sebagai anoreksia nervosa, adalah sebuah gangguan makan yang serius dan mengkhawatirkan. Gangguan ini ditandai dengan perilaku terkait dengan penurunan berat badan yang ekstrim, ketakutan akan kegemukan, dan gambar tubuh yang terdistorsi. Anoreksia juga dapat membawa dampak serius pada kesehatan fisik dan psikologis penderitanya.

Anoreksia adalah gangguan makan yang kompleks dan multifaktorial. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan anoreksia termasuk genetika, faktor lingkungan, tekanan budaya yang menghargai tubuh yang kurus, serta gangguan psikologis seperti depresi, ansietas, dan kurangnya kontrol diri.

Pengertian Anoreksia

Anoreksia nervosa adalah sebuah gangguan perilaku makan yang ditandai oleh ketakutan akan kegemukan, persepsi tubuh yang terdistorsi, penurunan berat badan yang ekstrim, serta pola makan yang tidak seimbang. Orang yang mengidap anoreksia cenderung menghindari makanan, mengatur makanan mereka, dan berjuang keras untuk menurunkan berat badan meskipun sudah sangat kurus.

Dampak Anoreksia

Anoreksia dapat memiliki dampak serius, baik secara fisik maupun psikologis. Secara fisik, anoreksia dapat menyebabkan kekurangan gizi yang menyebabkan kerusakan pada organ tubuh, berkurangnya fungsi organ, penurunan energi, dan masalah kesehatan lainnya. Dalam kasus yang ekstrem, anoreksia dapat mengancam jiwa.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kapan Waktu Tidur Siang Terbaik?
0 Suka, 0 Komentar, 22 Agu 2017
Hati - hati Musuh dalam Selimut
0 Suka, 0 Komentar, 26 Nov 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.