Tampang

Mobil Listrik Menggantikan Mobil Bensin? Temuan Peneliti Korea Menjadi Game Changer

13 Okt 2024 18:19 wib. 49
0 0
Mobil Listrik Menggantikan Mobil Bensin? Temuan Peneliti Korea Menjadi Game Changer
Sumber foto: iStock

Mobil bertenaga bensin nampaknya hanya akan menjadi sejarah di masa depan. Sebuah temuan yang dilakukan oleh sekelompok peneliti asal Pohang University of Science and Technology di Korea Selatan telah mengubah panorama industri otomotif. Dengan berhasil mengembangkan baterai jenis baru, mereka membuka jalan bagi kebangkitan mobil listrik sebagai kendaraan masa depan.

Sebelumnya, mobil berbahan bakar bensin atau disebut juga dengan mobil BBM telah lama mendominasi pasar transportasi di seluruh dunia. Namun, berakhirnya masa kejayaan mobil berbahan bakar minyak semakin dekat setelah peneliti Korea Selatan berhasil menciptakan baterai yang mampu mengubah permainan. Baterai ini memungkinkan mobil listrik untuk mencapai jarak tempuh yang luar biasa, yaitu hingga 1.000 kilometer hanya dalam sekali pengisian baterai.

Rahasia di balik teknologi baterai ini adalah penggunaan material silikon yang sebelumnya telah banyak diteliti untuk pembuatan baterai. Material silikon dipilih karena jumlahnya yang sangat melimpah di seluruh dunia.

Namun, penggunaan silikon untuk baterai juga memiliki tantangan tersendiri. Sebagai contoh, silikon dapat membesar hingga tiga kali saat diisi daya dan langsung menyusut. Oleh karena itu, pembuatan baterai silikon membutuhkan biaya yang tidak murah dan proses yang sangat kompleks.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.