Tampang

Profil Rustam Lutfullin, Wasit Kontroversial yang Memimpin Laga Indonesia vs Filipina Telah Terlibat Dalam Beberapa Kejadian Kontroversial di Masa Lalu

12 Jun 2024 10:02 wib. 39
0 0
Potret Wasit Uzbekistan

Indonesia akan menantang Filipina pada matchday terakhir Ronde Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Selasa (11/6) pukul 19:30 WIB. Namun, yang menarik perhatian adalah kekontroversialan wasit yang akan memimpin laga tersebut, yaitu Rustam Lutfullin.

Lutfullin, seorang wasit berkebangsaan Uzbekistan, telah terlibat dalam beberapa kejadian kontroversial di masa lalu, yang memunculkan perdebatan di dunia sepak bola. Salah satu insiden terkenal adalah peristiwa saat Asian Games 2022, di mana dalam perempat final cabang sepak bola putra, Lutfullin diprotes secara keras oleh pemain-pemain Korea Utara saat menghadapi Jepang. Pemain-pemain Korut merasa bahwa keputusan wasit tersebut merugikan mereka, yang kemudian memicu protes yang dilancarkan kepada wasit.

Keputusan kontroversial yang membuat sorotan adalah ketika Lutfullin memberikan penalti kepada Jepang setelah menilai pemain Korut, Kang Juh-yok, melanggar Jun Nishikawa. Akibatnya, Yuta Matsumura berhasil mencetak gol kemenangan untuk Jepang melalui penalti tersebut di menit 80. Hasil akhirnya adalah kemenangan 2-1 untuk Jepang, sementara Korut merasa dirugikan oleh keputusan wasit tersebut.

Rustam Lutfullin telah dua kali bertugas dalam Ronde Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertama ketika Vietnam mengalahkan Filipina 2-0 di Hanoi pada 16 November 2023, dan kedua saat Yordania menaklukkan Pakistan di Islamabad pada 21 Maret 2024. Dalam kedua pertandingan tersebut, Lutfullin tercatat cukup sering mengeluarkan kartu, dengan 5 kartu kuning di laga Filipina vs Vietnam dan 4 kartu kuning di laga Pakistan vs Yordania.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%