Tampang

Retno Marsudi Ingatkan Negara-Negara ASEAN Pentingnya Menghormati Hukum Internasional

26 Jul 2024 04:31 wib. 121
0 0
Retno Marsudi Ingatkan Negara-Negara ASEAN Pentingnya Menghormati Hukum Internasional
Sumber foto: google

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi hadir dalam pertemuan ke-57 para Menteri Luar Negeri ASEAN yang diselenggarakan di Vientiane, Laos (25/7/2024). Pertemuan tersebut dihadiri oleh seluruh Menteri Luar Negeri ASEAN, kecuali Myanmar yang diwakili oleh pejabat non-politik, sesuai dengan keputusan ASEAN sebelumnya.

   Salah satu pesan utama yang disampaikan oleh Indonesia dalam pertemuan adalah pentingnya ASEAN untuk berorientasi ke depan, adaptif, dan mampu menjawab berbagai tantangan global, termasuk tantangan ekonomi yang berbasis kecerdasan buatan (AI), transisi hijau, perubahan iklim, ketahanan pangan, dan kelangkaan air di dunia. Menurut Retno Marsudi, Visi Komunitas ASEAN 2045 harus dilengkapi dengan Rencana Strategis yang jelas.

Selain itu, Indonesia juga menekankan pentingnya peran dan solidaritas ASEAN dalam isu-isu global. Retno Marsudi menyatakan bahwa situasi global saat ini harus mendorong setiap anggota ASEAN untuk lebih berupaya dalam menjaga perdamaian dan stabilitas, serta menghindari terjadinya konflik terbuka di kawasan. Dia juga menegaskan pentingnya menghormati hukum internasional, termasuk UNCLOS 1982 dan norma-norma kawasan. Retno berpendapat bahwa ASEAN dapat menunjukkan solidaritasnya dan memiliki posisi yang jelas dalam upaya mengakhiri kekejaman dan genosida di Palestina, mengingat masih belum ada implementasi dari banyak resolusi PBB terkait dengan isu tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.