Tampang

Pilot Susi Air Tiba di Jakarta, Langsung Diserahkan ke Kedutaan Selandia Baru

22 Sep 2024 02:17 wib. 52
0 0
Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto
Sumber foto: website

Tampang.com | Sebuah keberhasilan yang membanggakan datang dari pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, yang mendarat dengan selamat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada pukul 22.36 WIB. Kehadirannya menjadi peristiwa bersejarah setelah sebelumnya mengalami penyanderaan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) selama sekitar 1,5 tahun di wilayah Nduga, Papua Pegunungan.

Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto, menyatakan bahwa Philip langsung diserahkan ke pihak Kedutaan Selandia Baru. Dalam kesempatan tersebut, Hadi secara resmi menyerahkan Kapten Pilot Philip Mehrtens kepada Duta Besar Selandia Baru di Jakarta, Kevin Burnett. Proses serah terima ini menandai bahwa seluruh tanggung jawab sudah berada di bawah Kedubes Selandia Baru.

Pembebasan Philip Mehrtens dari KKB Egianus Kogoya di wilayah Nduga merupakan hasil kerja sama antara TNI-Polri, tokoh masyarakat setempat, hingga masyarakat. Kehadiran Philip di Jakarta membawa pesan dan semangat kebersamaan dalam mengatasi tantangan di Papua.

Sebelum tiba di Jakarta, Philip Mark Mehrtens dievakuasi menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara (AU), setelah berhasil dibebaskan dan tiba dengan selamat di Kabupaten Mimika, Papua Pegunungan.

Pada hari yang sama, pesawat TNI AU yang membawa Philip Mark Mehrtens dijadwalkan transit di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar untuk mengisi bahan bakar, sebelum melanjutkan penerbangan menuju Bandara Halim Perdana Kusuma di Jakarta. Keberhasilan pemulangan Philip Mark Mehrtens adalah hasil kolaborasi antara Indonesia dan Selandia Baru, menandai keberhasilan diplomasi kedua negara.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.