Tampang

Peneliti Ungkap Cara Selamat Hidup di Atas Megathrust, Catat!

14 Sep 2024 05:30 wib. 53
0 0
Peneliti Ungkap Cara Selamat Hidup di Atas Megathrust, Catat!
Sumber foto: iStock

Gempa megathrust bukanlah sesuatu yang baru di Indonesia. Negara ini sangat rentan pada bencana megathrust. Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan sejumlah fakta mengenai megathrust. Salah satunya sebagian besar gempa megathrust dan tsunami terjadi di Sumatera, beberapa gempa di Jawa dan cukup banyak di bagian timur Indonesia.

Meski ada wilayah yang kosong, bukan berarti tidak ada potensi tsunami. Namun ini disebut sebagai seismic gap, yakni area yang bisa terjadi gempa besar kapan saja. "Hasil riset yang telah banyak dilakukan dapat berkontribusi dalam upaya pengurangan risiko gempa," ujar Peneliti Ahli Pusat Riset Kebencanaan Geologi BRIN, Nuraini Rahma Hanifa dikutip dari keterangan resmi BRIN.

Megathrust beserta potensi gempanya adalah nyata, tetapi hal ini sebagai bagian dari fenomena alam yang harus dihadapi dengan adaptasi dan mitigasi, imbuhnya. Lokasi megathrust di Indonesia sudah tergambar pada peta gempa yang tengah diperbarui dan diproyeksikan selesai pada akhir 2024. Dari peta tersebut terlihat lokasinya berada di sisi barat Sumatera hingga selatan Jawa. Bidang megathrust ini seukuran Pulau Jawa dan bila bergerak 20 meter secara serentak, goncangannya akan sangat besar. Megathrust berada di sepanjang 1.000 km dengan bidang kontak selebar 200 km yang mengujam hingga kedalaman sekitar 60 km di bagian selatan Jawa. Ini juga terus mengakumulasi energi yang siap dilepas kapan saja.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?