Tampang

Pemerintah Resmikan Sistem Simbara untuk Komoditas Nikel dan Timah

22 Jul 2024 13:46 wib. 93
0 0
Pemerintah Resmikan Sistem Simbara untuk Komoditas Nikel dan Timah
Sumber foto: iStock

Pemerintah Indonesia telah memperluas ekosistem Sistem Informasi Mineral dan Batubara Kementerian/Lembaga (Simbara) dari yang selama ini hanya untuk komoditas batu bara, menjadi termasuk nikel dan timah. Perluasan ini diresmikan langsung oleh Menteri Keuangan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri ESDM, hingga Menteri Perhubungan.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata, menjelaskan bahwa perluasan ini dilakukan karena nikel dan timah memiliki nilai ekonomi yang besar bagi Indonesia. Menurutnya, Indonesia merupakan produsen nikel terbesar di dunia, dengan cadangannya mencapai 21 juta ton atau 24% dari total cadangan dunia. Sementara cadangan timah kedua terbesar di dunia dengan jumlah mencapai 800 ribu ton atau 23% dari total cadangan dunia.

Isa juga mencatat bahwa volume produksi nikel Indonesia pada 2023 telah mencapai 1,8 juta metrik ton dan menempati peringkat pertama dunia dengan kontribusi 50% dari total produksi nikel global. Sementara itu, volume produksi timah sebesar 78 ribu ton dengan posisi menempati peringkat kedua dunia dengan kontribusi sebesar 22% dari produksi timah global.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?