Tampang

Optimalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Peradaban: Pembelajaran dari Seminar Nasional Kemasjidan

8 Jul 2024 14:34 wib. 176
2 1
Seminar Nasional Kemasjidan " Strategi Memakmurkan Masjid"
Sumber foto: Muh Anansefi/ Mahasiswa STIDKI Ar-Rahmah Surabaya

Ilham Noer- Pada tanggal 8 Juli 2024, Seminar Nasional Kemasjidan yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) Ar-Rahmah Surabaya menghadirkan Ustadz Kusnadi Ikhwani, MM sebagai narasumber utama. Seminar yang bertema "Strategi Memakmurkan Masjid" ini dihadiri oleh puluhan Mahasiswa yang memiliki ketertarikan terhadap pengembangan fungsi masjid sebagai pusat peradaban. Mahasiswa STIDKI Ar-Rahmah Surabaya yang dididik dan dibina untuk menjadi imam dan manajer masjid yang profesional dan dirindukan oleh umat untuk kemudian harinya.

Dalam sambutan pembukanya, Ustadz Ahmad Habibul Muiz, Lc., M.Sos., menekankan pentingnya optimalisasi fungsi masjid sesuai dengan contoh yang diteladankan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau menyatakan bahwa masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat peradaban, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat.

Masjid memiliki peran penting dalam dakwah Islam. Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat Muslim. Oleh karena itu, memakmurkan masjid tidak sekadar mengenai peningkatan fisik bangunan, melainkan juga bagaimana masjid dapat menjadi pusat komunitas yang aktif, terlibat dalam kegiatan dakwah, dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Ustadz Kusnadi Ikhwani mengupas berbagai strategi memakmurkan masjid dalam era modern ini. Salah satu poin penting yang beliau sampaikan adalah peran sentral masjid dalam dakwah dan pendidikan. 

<12>

#HOT

2 Komentar

pujaa 11 Jul 2024 09:54
javascript:alert(1)
Ibnu Qayyim 08 Jul 2024 15:39
Keren bang

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Peraturan Baru dari Pemerintah, Seluruh Motor dan Mobil Wajib Miliki Asuransi Mulai 2025. Apakah Anda Setuju?