Tampang

Optimalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Peradaban: Pembelajaran dari Seminar Nasional Kemasjidan

8 Jul 2024 14:34 wib. 298
2 1
Seminar Nasional Kemasjidan " Strategi Memakmurkan Masjid"
Sumber foto: Muh Anansefi/ Mahasiswa STIDKI Ar-Rahmah Surabaya

Ustadz Kusnadi Ikhwani mengupas berbagai strategi memakmurkan masjid dalam era modern ini. Salah satu poin penting yang beliau sampaikan adalah peran sentral masjid dalam dakwah dan pendidikan. 

Salah satu isu yang diangkat dalam seminar ini adalah fenomena takmir (pengurus masjid) yang menakut-nakuti jamaah dengan berbagai aturan yang terlalu ketat dan kuno seperti halnya larangan tidur di masjid, larangan membawa anak-anak ke masjid dan masjid yang tidak buka selama 24 jam. Ustadz Kusnadi menekankan pentingnya pendekatan yang lebih ramah dan inklusif agar masjid menjadi tempat yang nyaman bagi semua orang. Beliau mengutip pernyataan Muhammad Al Fatih, "Bila masjid tidak ada tangis anak kecil maka umat sedang mengalami kemunduran umat," sebagai pengingat akan pentingnya aktivitas yang melibatkan semua lapisan usia di masjid.

Selain itu, Ustadz Kusnadi juga menyoroti pentingnya kepemimpinan dan keyakinan dalam memakmurkan masjid. Kepemimpinan yang baik akan mampu mengarahkan dan mengorganisir kegiatan masjid secara efektif. Keyakinan yang kuat akan mendorong jamaah untuk berkontribusi aktif dalam berbagai program masjid.

#HOT

2 Komentar

pujaa 11 Jul 2024 09:54
javascript:alert(1)
Ibnu Qayyim 08 Jul 2024 15:39
Keren bang

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

feromon
0 Suka, 0 Komentar, 24 Okt 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.