Tampang

Kominfo Blokir Aplikasi Temu di Apple dan Android

9 Okt 2024 22:13 wib. 56
0 0
Kominfo Blokir Aplikasi Temu di Apple dan Android
Sumber foto: iStock

Pemerintah menjalankan peran dalam melindungi pasar dalam negeri dari kehadiran platform marketplace asing, terutama karena produk yang dijual oleh Temu dapat merugikan konsumen di Indonesia karena tidak memenuhi standar mutu. Budi Arie mengungkapkan bahwa keputusan ini didasari oleh pengalaman dari beberapa negara lain. 

Dengan langkah ini, Indonesia berupaya mencegah masuknya Temu, sebuah platform marketplace asal China yang belum berizin.

Namun, hingga hari Rabu (9/10/2024) malam, Temu masih dapat diunduh melalui berbagai layanan toko aplikasi App Store. Percobaan unduhan Temu pada perangkat iPhone berhasil 100%. Pada salah satu etalase belanja, terdapat harga US$252 atau sekitar Rp3,9 juta untuk rooftop box kendaraan roda empat.

Ini adalah langkah berani yang diambil oleh pemerintah melalui Kominfo untuk melindungi pasar dalam negeri dari pengaruh negatif aplikasi marketplace asing, terutama yang belum memiliki izin resmi. Keberadaan platform e-commerce seperti Temu, yang menawarkan harga murah namun tidak memenuhi standar mutu dapat mengancam keberlangsungan bisnis UMKM lokal. Diperlukan kehati-hatian dalam mengizinkan platform-platform asing yang dapat berdampak negatif terhadap pasar dalam negeri.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.