Tampang

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Luncurkan Abu 900 Meter Pagi Ini

13 Sep 2024 07:00 wib. 59
0 0
Gunung Lewotobi Laki-Laki erupsi
Sumber foto: website

Gunung Lewotobi Laki-Laki di Pulau Flores, Indonesia, kembali mengalami erupsi pada pagi ini, Jumat (13/9/2024) pukul 05.07 WITA. Menurut laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), gunung ini meluncurkan abu vulkanik setinggi 900 meter di atas puncaknya.

Diketahui bahwa pada saat ini, status Gunung Lewotobi Laki-Laki berada pada tingkat siaga atau level III. Vinsensius Tuku, Petugas Pos Pengamatan Gunung Api, menyatakan bahwa erupsi terjadi dengan tinggi kolom abu mencapai ±900 meter di atas puncak gunung (±2484 meter di atas permukaan laut).

Terkait dengan erupsi ini, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal yang menyebar ke arah barat. Data seismograf mencatat amplitudo maksimum 22.2 mm dengan durasi erupsi selama 598 detik.

Selain itu, masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki dan pengunjung/wisatawan diminta untuk tidak melakukan aktivitas di radius 3 km dari pusat erupsi gunung dan sektoral 4 km pada arah Utara-Timur Laut, serta 5 km pada sektor Timur Laut. Instruksi ini dikeluarkan untuk menjaga keselamatan masyarakat dari potensi bahaya erupsi gunung.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?