Tampang

Pesawat Tempur Jepang Rampasan Perang Dunia Ke-2 Dipamerkan

7 Nov 2017 15:02 wib. 6.845
0 0
Pesawat Tempur Jepang Rampasan Perang Dunia Ke-2 Dipamerkan

Kemampuan terbang pasawat Cureng mencapai enam kilo meter, sedangkan daya jelajahnya bisa menembus angka seribu kilo meter dengan sekali isi bahan bakar dengan kecepatan maksimal 212 km/jam.

Selain populasi yang sangat besar pesawat ini juga memiliki sejarah yang sangat panjang, dari lima ribu unit yang diproduksi pada tahun 1933, yang sempat dimiliki Indonesia pada tahun 1945 mencapai 50 unit dari 50 unit pada tahun itu yang bisa diterbangkan hanya tiga unit.

Setelah Indonesia merdeka, presiden Pertama Republik Indonesia Ir Soekarno mengharuskan Indonesia memiliki TNI AU dengan modal pesawat cureng peninggalan Jepang tersebut. Pada tanggal 20 Oktober 1945 Soekarno memerintahkan dan menunjuk Surya Darma sebagai ketua TKR Angkatan Udara. untuk menerbangkan pesawat Cureng dan mendapatkan perintah untuk mengambil kekuasaan angkatan udara yang sempat dikuasai Belanda yaitu di Andir (yang saat ini menjadi Lanud Husen Sastra Negara).

Surya Darma merupakan salah seorang penerbang asal Jawa Barat yang ikut membom Berlin bersama angkatan senjata Belanda pada perang dunia ke dua. Yang membaggakan, pusat pangkalan udara yang pertama di Indonesai ialah di Jawa Barat.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?