Tampang

Kapal China dan Filipina Tabrakan di Laut China Selatan yang Disengketakan

18 Jun 2024 09:34 wib. 33
0 0
Kapal China dan Filipina Tabrakan di Laut China Selatan yang Disengketakan
Sumber foto: google

Sebuah insiden tabrakan antara kapal China dan Filipina terjadi di dekat Second Thomas Shoal, Laut China Selatan (LCS), pada Senin (17/6). Beijing menuduh kapal Filipina menerobos secara ilegal wilayah perairan di sekitar Ren'ai Reef atau Second Thomas Shoal di LCS. Menurut laporan dari coast guard China, kapal pemasok Filipina dianggap telah "mengabaikan peringatan-peringatan serius dari China" dengan mendekati kapal China.

Dalam pernyataannya, coast guard China menyebut bahwa kapal Filipina mendekati kapal China dengan cara yang tidak profesional, yang kemudian mengakibatkan terjadinya tabrakan. Mereka juga menegaskan bahwa pihak coast guard China telah mengambil tindakan pengendalian terhadap kapal Filipina sesuai dengan hukum yang berlaku.

Second Thomas Shoal merupakan salah satu wilayah yang menjadi sengketa antara China dan Filipina. Hal ini disebabkan oleh klaim China akan hampir seluruh kawasan LCS, termasuk area-area yang bersinggungan dengan klaim negara-negara Asia Tenggara lainnya. Pengadilan Arbitrase Permanen (PCA) sebelumnya telah menyatakan bahwa klaim China tersebut tidak memiliki dasar hukum yang kuat. Namun, China menolak putusan tersebut dan justru semakin meningkatkan kehadiran pasukan di perairan tersebut. Mereka juga melakukan pembaruan terumbu karang menjadi pulau-pulau buatan.

Second Thomas Shoal sendiri berada sekitar 200 kilometer dari Pulau Palawan di Filipina barat. Wilayah ini juga terletak lebih dari 1.000 kilometer dari Pulau Hainan, daratan utama terdekat milik China.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%