Tampang

Pengaruh Perubahan Iklim Terhadap Penyakit Menular

8 Jul 2024 09:21 wib. 103
0 0
Zika Virus
Sumber foto: Pinterest

Perubahan iklim merupakan salah satu isu global yang semakin menjadi perhatian seluruh dunia. Dampak dari perubahan iklim tidak hanya terasa pada lingkungan, tetapi juga berdampak pada kesehatan masyarakat. Salah satu dampak yang signifikan adalah meningkatnya risiko penyebaran penyakit menular. Perubahan iklim berpotensi untuk memengaruhi pola penyebaran penyakit menular, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kesehatan global.

Perubahan iklim dapat mengakibatkan perubahan dalam pola cuaca, termasuk suhu udara, curah hujan, dan kelembaban udara. Hal ini dapat memengaruhi habitat vektor penyakit seperti nyamuk, lalat, dan tikus. Contohnya, peningkatan suhu udara global dapat memperluas wilayah penyebaran nyamuk Aedes aegypti yang merupakan vektor penular penyakit demam berdarah dan Zika. Sehingga, meningkatnya suhu udara dapat mengakibatkan peningkatan jumlah kasus penyakit yang ditularkan melalui vektor tersebut.

Selain itu, perubahan iklim juga dapat berdampak pada pola penyebaran penyakit melalui air. Perubahan dalam pola curah hujan dapat menyebabkan banjir atau kekeringan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko penyebaran penyakit yang terkait dengan air seperti kolera, disentri, dan infeksi saluran pernapasan. Kondisi ini akan semakin diperparah dengan adanya urbanisasi yang tidak terkendali dan kualitas sanitasi yang buruk.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Sikat Gigi
0 Suka, 0 Komentar, 15 Mar 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?