Tampang

Macam Perawatan Kulit untuk Rosacea, Suntik sampai Laser

24 Mei 2024 14:17 wib. 97
0 0
Perawatan Kulit untuk Rosacea

Perawatan rosacea merupakan hal penting bagi penderita kondisi kulit ini. Dalam hal ini, Spesialis kulit di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, Sondang M.H.A Pandjaitan Sirait Sp.D.V.E, menjelaskan bahwa terdapat beberapa modalitas perawatan yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menggunakan Intense Pulse Light (IPL). Menurutnya, perawatan dengan IPL cenderung aman dengan efek samping minimal karena memiliki panjang gelombang yang rendah dan tidak digunakan dalam kekuatan yang tinggi.

Meskipun begitu, Sondang juga menekankan bahwa meskipun efek sampingnya minimal, namun efektivitas dalam menghilangkan pembuluh darah akan menjadi lebih lambat dan memerlukan penggunaan IPL yang lebih sering. Hal ini dijelaskan dalam sebuah diskusi mengenai perawatan kulit untuk rosacea yang diadakan pada Kamis, 25 April 2024.

Terapi IPL dapat membantu mengurangi kemerahan dan bentol seperti jerawat pada penderita rosacea. Hal ini dikarenakan dalam kandungan lasernya juga terdapat efek antiradang. Namun, untuk menghilangkan gurat pembuluh darah, terapi yang rutin dan sering tetap diperlukan.

Selain IPL, terapi Pulse Dye Laser (PDL) juga dapat digunakan untuk mengurangi gurat merah akibat pembuluh darah yang kemerahan. Perawatan ini menggunakan laser dengan energi tinggi dan mampu mengurangi gurat pembuluh darah halus terutama di kulit bagian atas seperti wajah, sehingga kemerahan dapat segera berkurang. Meskipun demikian, penggunaan energi yang lebih tinggi juga memiliki risiko efek samping seperti perubahan warna pada kulit bekas tindakan laser, namun biasanya akan kembali normal seiring waktu.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%