Tampang

Dampak Negatif Bergadang Bagi Mahasiswa, Susah Konsentrasi

19 Okt 2024 08:26 wib. 52
0 0
Dampak Negatif Bergadang Bagi Mahasiswa, Susah Konsentrasi
Sumber foto: Google

Tidak hanya dampak pada kemampuan otak, bergadang juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan fisik dan mental. Tubuh manusia membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk memulihkan diri dari kelelahan fisik dan mental. Kekurangan tidur dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh, peningkatan risiko penyakit jantung, obesitas, dan gangguan pencernaan. Selain itu, dari segi kesehatan mental, kebiasaan bergadang dapat meningkatkan risiko gangguan mood, kecemasan, dan depresi.

Untuk menghindari kebiasaan bergadang, mahasiswa perlu belajar untuk mengelola waktu dengan baik. Perencanaan yang matang terhadap aktivitas sehari-hari dapat membantu mahasiswa dalam mengatur jadwal tidur dengan lebih efektif. Menyusun jadwal belajar dan istirahat yang teratur juga dapat membantu dalam membiasakan tidur yang cukup setiap malam.

Selain itu, meminimalisir konsumsi kafein dan menjauhi layar gadget pada waktu-waktu tertentu sebelum tidur juga dapat membantu dalam mempersiapkan tubuh untuk tidur. Aktivitas fisik secara teratur juga dapat membantu tubuh dalam mencapai kualitas tidur yang lebih baik.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.