Tampang

Cara Mencegah Penyakit Ginjal: Pentingnya Menjaga Fungsi Ginjal

12 Jun 2024 16:49 wib. 51
0 0
Penyakit Ginjal
Sumber foto: Google

 4. Kontrol Gula Darah dan Tekanan Darah
Diabetes dan hipertensi adalah dua penyebab utama penyakit ginjal kronis. Mengontrol kadar gula darah melalui diet yang tepat dan olahraga teratur dapat mencegah kerusakan ginjal. Selain itu, tekanan darah yang terkendali dapat mengurangi risiko penyakit ginjal. Rutin periksa tekanan darah dan konsultasi dengan dokter jika ada riwayat keluarga hipertensi atau diabetes.

 5. Hindari Penggunaan Obat Secara Berlebihan
Penggunaan obat-obatan tertentu, terutama obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), dalam jangka panjang dan dosis tinggi dapat merusak ginjal. Gunakan obat-obatan sesuai anjuran dokter dan hindari penggunaan obat tanpa resep. Jika memungkinkan, pilih alternatif pengobatan yang lebih aman bagi ginjal.

 6. Lakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur
Olahraga teratur dapat membantu mengontrol berat badan, tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan jantung, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan ginjal. Setidaknya lakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari, seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau olahraga lainnya yang Anda nikmati.

 7. Hindari Merokok dan Konsumsi Alkohol
Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat memperburuk kesehatan ginjal. Merokok dapat merusak pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke ginjal, sedangkan alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan kerusakan ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Berhenti merokok dan batasi konsumsi alkohol adalah langkah bijak untuk menjaga kesehatan ginjal.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%