Tampang

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Anak Masukkan Benda Asing ke Mulut

3 Okt 2017 15:45 wib. 2.092
0 0
Apa Yang Harus Dilakukan Saat Anak Masukkan Benda Asing ke Mulut

Yang Bisa Dilakukan Setelah Anak Diperiksa Dokter

Jika benda asing tersebut ternyata tidak terbaca pada pemeriksaan sinar x dan si kecil juga tidak punya gejala yang mengkhawatirkan, tidak perlu panik Bun. Kita bisa amati si kecil di rumah kok setelahnya. Karena, dalam banyak kasus benda kecil seperti pecahan kaca, benda kecil berbahan plastik, atau sejenis peniti kecil, bisa melintas begitu saja jika sudah di dalam perut atau 'terdorong' saat anak buang air besar.

Kebanyakan anak yang menelan benda asing tidak memerlukan tindak lanjut atau sinar-x. Bahkan, ada juga yang nggak perlu melakukan pemeriksaan feses untuk menemukan benda yang tertelan. Namun tetap perhatikan gerak-gerik anak. Jadi, kalau ada hal yang tidak diinginkan terjadi, bisa dilakukan intervensi sedini mungkin.

Tapi, kalau Bunda masih tidak tenang dan khawatir dengan si kecil walaupun tidak terjadi gejala apa-apa, mohon saran medis lebih lanjut ya Bun.

Agar Anak Tak Menelan Benda Asing

Jika anak kita cenderung suka memasukkan barang ke mulut  kita perlu mengawasinya secara konstan. Awasi anak dengan seksama jika kebetulan di halaman rumah ada bebatuan kecil atau anak punya mainan kecil seperti bola magnet, koin, peniti kecil dan benda kecil lainnya.
 

Gimana kalau sebelumnya anak pernah menelan benda asing tapi nggak ada masalah berarti yang dialami? Nggak masalah, Bun. Tapi, yang pasti kita perlu tetap memperhatikan si kecil. Kalau anak meletakkan benda-benda kecil di mulutnya dengan intensitas sering, baiknya simpan dan jauhkan benda tersebut. 
 

<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Heboh Pernikahan ABG 14 Tahun
0 Suka, 0 Komentar, 18 Jul 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?