Tampang

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Gatal Pada Kulit dengan Aman

30 Apr 2024 20:54 wib. 544
0 0
Bahan Alami Mengatasi Gatal
Sumber foto: Jcomp on Freepik

Cuka apel yang berasal dari buah apel juga bisa menjadi obat gatal alami selain minyak dari daun-daun tanaman. Cuka apel diketahui dapat membantu mengurangi sensasi gatal pada kulit, terutama pada area kulit kepala. Caranya, campurkan cuka apel dengan air dalam perbandingan satu banding satu, lalu oleskan campuran ini ke kulit kepala. Biarkan hingga mengering, dan setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan cuka apel dapat menyebabkan sensasi terbakar pada kulit yang terluka. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menggunakan cara ini pada kulit yang pecah-pecah atau berdarah.

4. Menthol

Menthol merupakan minyak esensial dari tanaman keluarga mint, yang dapat memberikan efek pendinginan dan menghilangkan sensasi gatal. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan keefektifan menthol dalam mengatasi rasa gatal, bahkan menunjukkan bahwa menthol lebih efektif daripada minyak zaitun dalam meredakan rasa gatal dan nyeri pada wanita hamil. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan menthol yang sudah dicampur dengan air sebelum mengaplikasikannya.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tiga Lokasi di Cilegon 'Diserbu' KPK
0 Suka, 0 Komentar, 24 Sep 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%