Tampang

Pelatihan Berbagai Macam Kemampuan Kognitif Dapat Tingkatkan Kemampuan Belajar

17 Agu 2017 23:11 wib. 3.074
0 0
Pelatihan Berbagai Macam Kemampuan Kognitif Dapat Tingkatkan Kemampuan Belajar

Psikolog telah banyak mempelajari dan memperdebatkan manfaat pelatihan kognitif, namun terutama berfokus pada tugas berbasis komputer, kata Barbey. Beberapa studi yang memasukkan modalitas pelatihan lainnya, seperti latihan kebugaran fisik atau stimulasi otak non-invasif, berukuran kecil dalam ukuran sampel, singkat atau sempit, katanya.

Studi di Illinois membagi banyak subyek menjadi lima kelompok: tiga kelompok eksperimen dan kelompok kontrol aktif dan pasif. Satu kelompok eksperimen hanya menerima pelatihan kognitif; Kelompok kedua menerima pelatihan dan latihan kognitif; Dan kelompok ketiga menerima latihan kognitif, olahraga dan stimulasi otak non-invasif yang diberikan oleh elektroda pada kulit kepala. Kelompok kontrol aktif menyelesaikan tugas pelatihan kognitif berbasis komputer yang berbeda daripada kelompok eksperimen, namun melakukan jumlah sesi yang sama dengan jumlah waktu yang sama dengan kelompok eksperimen. Pada minggu pertama, peserta melakukan pretest. Dalam 16 minggu berikutnya, kelompok eksperimen dan kelompok aktif menyelesaikan sesi pelatihan 90 menit tiga kali seminggu. Pada minggu terakhir studi tersebut, semua peserta mengikuti post-test.

"Aktivitas fisik dan kebugaran aerobik diketahui memiliki efek menguntungkan pada struktur dan fungsi otak yang mendasarinya," kata Barbey, anggota Beckman Institute for Advanced Science and Technology di Illinois. "Dan penelitian telah menunjukkan bahwa protokol stimulasi otak yang spesifik dapat meningkatkan kinerja kognitif, mendorong kami untuk menyelidiki pengaruhnya terhadap pelatihan kognitif."

Penelitian ini menggunakan enam tugas pelatihan yang berbeda, yang dirancang untuk mengukur kemampuan kognitif tertentu seperti memori, perhatian dan pengalihan tugas. Dalam post-test, kelompok yang menerima pelatihan kognitif dan latihan kebugaran fisik atau ketiga intervensi tersebut dilakukan secara signifikan lebih baik daripada kelompok dengan pelatihan kognitif saja. Kelompok yang menerima ketiga intervensi tersebut secara konsisten melakukan yang terbaik, dan menunjukkan keuntungan yang substansial dalam dua tugas di atas kelompok yang menerima pelatihan kebugaran kognitif dan fisik tetapi tidak menerima stimulasi otak.

<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

5 Tanda Bahwa Hati Anda Penuh Racun
0 Suka, 0 Komentar, 18 Des 2017
Penembak Las Vegas, Kakek 64 Tahun
0 Suka, 0 Komentar, 3 Okt 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?