Tampang

Menggali Makna "Insan": Menelusuri Esensi Kemanusiaan, Masih Tentang Nasihat Aneh dari Bapak

30 Mar 2024 08:36 wib. 113
0 0
Menggali Makna "Insan"
Sumber foto: Pinterest

"Insan" bukanlah sekadar gelar atau identitas, melainkan panggilan untuk menjadi sesuatu. Dalam perjalanan menuju kesempurnaan atau kesengsaraan, manusia terus bergerak dinamis, menggali potensi dirinya, dan mengejar cita-cita yang agung. Dalam bahasa Inggris, konsep ini dikenal sebagai "Human Becoming", yang menegaskan bahwa manusia selalu dalam proses menjadi yang lebih baik.

Namun, Allah SWT. mengingatkan bahwa jika manusia tidak mampu mengoptimalkan potensinya atau meminimalisir kesalahan dan khilafnya, ia akan jatuh ke tingkat yang lebih rendah, seperti hewan yang tidak memiliki akal. Oleh karena itu, sebagai manusia, kita dituntut untuk senantiasa menggali potensi, memperbaiki diri, dan menghindari kesalahan.

Dalam kesimpulannya, kita, manusia, adalah refleksi dari makna "Insan". Di dalam diri kita, terkandung kebijaksanaan, kelembutan, dan potensi yang tak terhingga. Mari kita jadikan hakikat kemanusiaan sebagai pendorong untuk terus berkembang dan menyongsong masa depan yang lebih baik, sejalan dengan kehendak Ilahi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?