Tampang

Cara Mengasah Gunting Dapur yang Tumpul dengan Peniti, Tak Perlu Lagi Beli Baru

3 Jun 2024 07:17 wib. 437
0 0
Asah Gunting Pakai Peniti

Gunting dapur merupakan salah satu peralatan dapur yang sangat penting digunakan dalam aktivitas memasak sehari-hari. Tak hanya berfungsi untuk memotong bahan makanan, gunting juga berguna untuk membuka kemasan makanan. Namun, penggunaan yang intensif dapat membuat gunting tumpul atau terkena karat, hingga mengganggu kualitas proses memasak.

Banyak orang cenderung memilih untuk membeli gunting dapur baru sebagai solusi atas masalah gunting tumpul. Padahal, ada cara sederhana untuk mengatasi gunting tumpul tanpa perlu membeli gunting baru. Salah satunya adalah dengan menggunakan peniti sebagai alat untuk mengasah gunting.

Mengasah gunting dapur dengan peniti dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang sederhana. Pertama, Anda bisa memanfaatkan stoples kaca yang tidak terpakai di dapur. Caranya adalah dengan melebarkan gunting sebanyak mungkin dan meletakkan kedua bilah gunting di atas lubang stoples kaca. Kemudian, gerakkan gunting seperti saat memotong kertas, dengan memberikan sedikit tekanan agar stoples kaca dapat mengasah gunting secara perlahan. Proses ini perlu diulang sampai kedua bilah gunting halus dan tajam.

Setelah proses pengasahan selesai, bersihkan gunting dengan kain lembab agar tidak ada sisa-sisa stoples kaca yang menempel pada bilah gunting. Jika Anda tidak memiliki stoples kaca yang tak terpakai, Anda bisa menggunakan peniti logam sebagai pengasah gunting. Caranya cukup dengan menggosokkan peniti logam pada kedua bilah gunting dengan gerakan yang teratur sampai gunting terasa lebih tajam.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Emosi Pengaruhi Kreativitas
0 Suka, 0 Komentar, 17 Agu 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%