Tampang

Tak Hanya Sebagai Rempah-rempah, Jintan Hitam Bisa Mencerahkan Kulit dan Awet Muda

23 Mei 2018 23:19 wib. 2.234
0 0
Tak Hanya Sebagai Rempah-rempah, Jintan Hitam Bisa Mencerahkan Kulit dan Awet Muda

Efek menghambat peradangan ekstrak nigella sativa tampak pada aktivitas zat aktif thymoquinon, yang bekerja menghambat sintesis PGD2 dan Th2 dalam mempengaruhi respon imun. Thymoquinon juga aktif menghambat enzim 5-lipooxygenase, enzim utama pada biosynthesis leukotriene.

Kemampuan ekstrak jintan hitam dalam memberikan efek antioksidan, yang ditunjukkan oleh thimoquinon mampu mencegah proses oxidative injuries. Kemampuan antioksidan yang baik cocok bagi aplikasi topikal, karena efek antioksidan akan secara aktif memproteksi sel-sel kulit dan mencegah proses oksidasi menyebabkan proses inflamasi terjadi, sehingga mencegah proses posf inflammation hiperpigmentation.

Sementara kandungan Vitamin C dan Vitamin E dalam ekstrak nigella sativa mampu menurunkan aktivitas enzim tyrosinase yang pada akhirnya akan mengurangi jumlah melanin yang disintesa melanosit. Kadar niacinamid dalam nigella sativa berperan dalam menghambat proses pengiriman melanosom menuju keratocyt epidermal.

Jintan hitam dapat dimanfaatkan dengan cara diminum dan dioleskan pada kulit. Ketika akan dijadikan masker, minyak jintan hitam diencerkan dengan tepung beras dan air agar aromanya tidak terlalu menyengat. Sementara untuk. massage, minyak jintan hitam dicampurkan dengan minyak zaitun dan minyak kelapa. Jika rutin digunakan kulit akan lembut dan mencegah peradangan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?